Mulai dari jahe hingga teh, coba 6 obat maag alami ini

Kamis, 21 Oktober 2021 | 08:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mulai dari jahe hingga teh, coba 6 obat maag alami ini

ILUSTRASI. Ada banyak obat maag alami yang bisa Anda jadikan pilihan. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Maag bisa dialami oleh siapa saja. Jika Anda salah satunya, cobalah untuk mengonsumsi obat maag alami. Dengan begitu, sakit perut, mual, dan gejala maag yang lain dapat teratasi dengan baik. Perlu diingat, usahakan untuk mengonsumsinya secara rutin, ya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan maag muncul. Mulai dari asam lambung naik, dinding lambung terluka, dan lain sebagainya. Untuk kondisi maag yang parah, Anda perlu segera periksa ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan saran pengobatan yang Anda butuhkan.

Beberapa jenis bahan alami di bawah ini berguna untuk mengatasi penyakit maag yang tak terlalu parah. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam bahan-bahan alami berikut juga mampu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Jahe

Bukan lagi jadi rahasia apibal jahe digunakan untuk mengobati maag. Melansir Medicine Net (medicinenet.com), jahe memiliki kandungan antiinflamasi. Artinya, sensasi panas atau heartburn yang muncul akibat maag dapat mereda setelah Anda mengonsumsi jahe.

Baca Juga: Ciri-ciri maag ini bisa terjadi, ada yang Anda alami?

Air Kelapa

Air kelapa berguna sebagai obat maag alami.

Selain menyegarkan, air kelapa juga bisa Anda jadikan obat maag alami, lo. Elektrolit yang terkandung dalam air kelapa mampu menyeimbangkan pH dalam tubuh. Dengan begitu, asam lambung naik bisa menjadi lebih terkontrol.

Sayur

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis sayur yang berguna untuk mengatasi masalah pada lambung? Sayuran hijau, seperti brokoli dan asparagus, memiliki kandungan lemak dan gula yang rendah. Hal itulah yang membuat sayuran hijau aman dikonsumsi karena tak memicu asam lambung naik.

Oatmeal

Oatmeal bisa jadi obat maag alami.

Oatmeal jadi obat maag alami selanjutnya yang perlu Anda coba. makan dalam porsi besar bisa menambah risiko asam lambung naik. Nah, makan oatmeal yang kaya serat bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga risiko tersebut dapat Anda hindari.

Baca Juga: Cek 6 makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung

Susu

Medicine Net mengatakan bahwa susu sapi bisa membuat maag semakin parah. Alih-alih mengonsumsinya, cobalah untuk minum susu yang terbuat dari tumbuhan, misalnya susu almond. Sama seperti air kelapa, susu almond juga mengandung alkalin, jadi bisa menyeimbangkan pH dalam tubuh.

Teh

Cara mengobati maag selanjutnya dapat Anda lakukan dengan minum teh herbal, contohnya teh kamomil. Hindari jenis teh yang mengandung banyak kafein karena justru bisa memperparah maag. Jenis teh yang dimaksud adalah teh hijau, teh hitam, atau jenis teh yang lain.

Selanjutnya: 4 Pilihan obat tenggorokan sakit yang mudah ditemukan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru