kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak banyak yang tahu, obat sakit perut bisa dari 5 bahan ini


Senin, 15 November 2021 / 15:28 WIB
Tak banyak yang tahu, obat sakit perut bisa dari 5 bahan ini
ILUSTRASI. Bahan alami juga bisa Anda gunakan sebagai obat sakit perut, lho. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit perut adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup sering terjadi, baik dirasakan oleh anak-anak atau orang dewasa. Meski bisa sembuh dengan sendirinya, mengonsumsi obat sakit perut bisa mempercepat proses penyembuhan.

Anda bisa mencari obat yang dijual di apotek, tapi bahan-bahan alami juga bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan sakit perut, lho. Namun, tentu saja Anda tetap memerluka pengawasan dokter. Apalagi jika sakit perut tak kunjung sembuh.

Bisa jadi, sakit perut terjadi karena faktor yang lain yang lebih serius. Nah, di bawah ini, beberapa bahan alami bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan sakit perut yang terjadi karena faktor-faktor yang lebih ringan.

Teh Kamomil

Apakah Anda gemar minum teh kamomil? Ternyata, minum jenis teh itu bisa jadi salah satu cara mengobati sakit perut. Selain dalam bentuk teh, Anda juga bisa mengonsumsi kamomil dalam bentuk suplemen yang juga bisa menyembuhkan sakit perut.

Baca Juga: Selain nyeri dada, ini daftar ciri-ciri penyakit jantung

Pepaya

Salah satu penyebab sakit perut yang bisa Anda alami adalah sembelit atau sulit buang air besar. Jika hal itu adalah penyebabnya, maka cobalah untuk mengonsumsi pepaya. Mengutip dari Healthline, enzim dalam pepaya efektif meningkatkan kemampuan sistem pencernaan sehingga sembelit pun teratasi.

Jahe

Jahe bisa jadi obat sakit perut.

Bahan alami berikutnya yang sudah sering digunakan sebagai obat sakit perut adalah jahe. Anda bisa mengonsumsi jahe secara langsung, memasaknya terlebih dahulu, atau minum suplemen jahe. Selain mengobati sakit perut, jahe juga efektif meredakan mual dan muntah, termasuk Anda yang sedang hamil.

Pisang Hijau

Jika pepaya efektif mengobati sembelit, maka pisang hijau bisa Anda jadikan obat diare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang hijau matang bisa meredakan dan mempercepat proses penyembuhan diare.

Baca Juga: Menyembuhkan sakit perut, coba rekomendasi 6 obat maag ini

Cairan Elektrolit

Air kelapa termasuk obat sakit perut.

Obat sakit perut berikutnya yang disarankan Healthline adalah cairan elektrolit. Biasanya, sakit perut dibarengi dengan muntah atau diare yang bisa menguras cairan dalam tubuh Anda. Nah, cairan elektrolit bertugas untuk menjaga cairan dalam tubuh sehingga dehidrasi dapat Anda hindari.

Ada banyak jenis cairan elektrolit yang bisa Anda temukan, misalnya jus buah atau air kelapa. Jika bahan-bahan itu tak memungkinkan untuk Anda konsumsi, minum banyak air putih juga bisa Anda jadikan salah satu pilihan.

Selanjutnya: Ini loh, 4 penyebab Anda merasa cepat kenyang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×