kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak banyak disadari, hal ini membuat Anda tertular Covid-19


Selasa, 16 November 2021 / 16:00 WIB
Tak banyak disadari, hal ini membuat Anda tertular Covid-19
ILUSTRASI. Tidak menerapkan protokol kesehatan dengan benar bisa jadi salah satu penyebab Covid-19. REUTERS/Eva Plevier/File Photo


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski pandemi Virus Corona, ternyata masih ada banyak orang yang tak menyadari bagaimana mereka bisa tertular Covid-19. Padahal, mewaspadai beberapa hal dengan lebih hati-hati bisa menghindarkan Anda dari penyakit itu.

Pertama, Anda perlu mengetahui bahwa vaksin tidak membuat Anda kebal dari Virus Corona. Artinya, Anda masih bisa tertular dan menularkan penyakit tersebut ke orang lain. Mengutip dari Eatthis.com, 38% penerima vaksin masih bisa menularkan Covid-19 ke orang di satu rumah yang sama.

Namun, bukan berarti Anda tidak perlu menerima suntikan vaksin, ya. Vaksin memberikan perlindungan lebih pada tubuh Anda. Saat terinfeksi pun, gejala Covid-19 yang Anda alami tidak terlalu banyak. Risiko kematian atau kebutuhan perawatan rumah sakit pun menurun akibat vaksin.

Baca Juga: Tempat-tempat ini punya risiko penularan Covid-19 tinggi

Menerapkan protokol kesehatan dengan cara yang kurang tepat juga meningkatkan risiko Anda terinfeksi Covid-19. Salah satu contohnya adalah memakai masker yang tidak sesuai dengan standar kesehatan yang sudah diterapkan.

Pertama, Anda perlu mencuci tangan sebelum dan sesuah memakai atau melepas masker. Kedua, pastikan untuk memakai masker dengan ukuran yang pas, yaitu menutup hidung hingga ke bawah dagu. Selanjutnya, hindari terlalu sering memegang masker karena bisa mengontaminasi tangan Anda.

Baca Juga: Upaya Kemkominfo dan Gerakan Pramuka cegah gelombang ketiga Covid-19

Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga perlu berhati-hati ketika bepergian menggunakan moda transpotasi umum, misalnya pesawat. Melansir Eatthis.com, berada di bandara yang dipadati pengunjung bisa memperparah risiko terinfeksi Virus Corona.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga sistem imun tubuh supaya tetap kuat. Anda bisa mengonsumsi makanan bergizi, rajin olahraga, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Jelang Nataru, masyarakat dihimbau tak bepergian jauh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×