Tempat-tempat ini punya risiko penularan Covid-19 tinggi

Senin, 15 November 2021 | 15:49 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tempat-tempat ini punya risiko penularan Covid-19 tinggi

ILUSTRASI. Kafe atau restoran adalah salah satu tempat dengan risiko penularan Covid-19 tinggi. REUTERS/Aziz Taher

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mencegah Virus Corona tidak berhenti hanya menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan memakai sabun dan air. Pencegahan Covid-19 bisa Anda lakukan dengan menghindari beberapa tempat umum.

Hotel adalah salah satu tempat yang sebaiknya Anda hindari di tengah pandemi Virus Corona. Ada banyak orang yang keluar dan masuk hotel sehingga meningkatkan risiko penularan Covid-19. Apalagi jika pihak manajemen hotem tidak menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Mengutip dari Eatthis.com, bar juga termasuk salah satu tempat yang sebaiknya tidak Anda kunjungi ketika angka kasus positif Covid-19 tinggi. Ketika berada di bar, Anda cenderung menanggalkan protokol kesehatan yang berlaku, seperti tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak dengan orang lain.

Hal itulah yang membuat risiko terinfeksi Virus Corona meningkat. Apalagi kebanyakan bar berada di ruangan yang tertutup. Ketika ventilasi udara di bar tidak baik, Virus Corona menjadi lebih mudah menginfeksi tubuh Anda.

Baca Juga: 5 Provinsi ini catat lonjakan kasus kematian Covid-19, mana saja?

Kondisi yang sama juga berlaku pada restoran dan kafe. Saat berada di tempat itu, Anda akan melepas masker untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang Anda pesan. Anda tetap perlu mempertimbangkan kafe dan restoran outdoor.

Melansir Eatthis.com, restoran atau kafe terbuka, tapi dipenuhi dengan pengunjung tetap membuat Anda berisiko tinggi terinfeksi Covid-19. Apabila Anda ingin mengonsumsi makanan dan minuman dari restoran atau kafe favorit Anda, cobalah untuk memanfaatkan layanan pesan antar.

Baca Juga: Hidup Sehat Tingkatkan Imunitas Tubuh Saat Pandemi

Dengan memanfaatkan layanan tersebut, Anda tetap bisa menikmati sajian yang Anda sukai, tapi tetap dapat menghindari risiko infeksi Covid-19. Tidak berhenti sampai di situ, masih ada cara mencegah Virus Corona lainnya yang sebaiknya Anda coba.

Cara yang dimaksud adalah dengan mendapat suntikan vaksin Covid-19. Vaksin memang tidak bisa membuat Anda kebal dari Covid-19. Namun, cara itu terbukti mampu menurunkan risiko gejala Covid-19 yang parah. Risiko perawatan rumah sakit pun dapat Anda hindari.

Selanjutnya: IHSG melaju, kinerja reksadana saham jadi yang terbaik di pekan lalu

Editor: Belladina Biananda
Terbaru