kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Supaya tak makin parah, ini 4 cara mengatasi mata merah


Jumat, 13 Agustus 2021 / 15:31 WIB
Supaya tak makin parah, ini 4 cara mengatasi mata merah
ILUSTRASI. Ada beragam cara mengatasi mata merah yang dapat Anda lakukan, misalnya dengan bahan alami. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mata merah bisa terjadi karena berbagai macam hal. Misalnya, alergi, polusi, atau faktor yang lain. Supaya kondisinya tak semakin parah, ada beberapa cara mengatasi merah yang perlu segera Anda coba. Anda tidak perlu khawatir karena bahan alami dapat Anda manfaatkan.

Biasanya, mata merah dibarengi dengan munculnya rasa gatal dan mata yang sedikit membengkak. Untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah untuk menggunakan kompres dingin. Balut es batu atau sayuran dingin dengan handuk lembut lalu tempatkan kompres itu di kelopak mata yang tertutup.

Lakukan cara tersebut selama beberapa menit atau sampai rasa gatal berkurang. Tidak hanya menggunakan kompres dingin, masih banyak bahan alami lain yang bisa Anda gunakan sebagai obat mata merah.

Timun

One Good Thing (onegoodthingbyjillee.com) mengatakan bahwa antioksidan yang terdapat dalam timun efektif mengatasi peradangan dan inflamasi di mata. Anda perlu merendam irisan timun dalam air dingin terlebih dahulu lalu letakkan di atas mata selama 10 menit.

Baca Juga: Mudah dicoba, inilah 4 cara mengatasi mata bengkak

Lidah Buaya

Bahan alami berikutnya yang cocok dijadikan cara mengatasi mata merah adalah lidah buaya. Anda bisa memanfaatkan lidah buaya dalam bentuk gel atau jus. Potongan lidah buaya dingin pun dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, misalnya kulit yang terluka akibat sinar matahari.

Air Mawar

Salah satu cara mengatasi mata merah adalah memakai air mawar.

Cara mengatasi mata merah berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah memakai air mawar. Selain mudah digunakan, Anda juga bisa merasakan hasilnya dalam waktu yang relatif cepat. Caranya, aplikasikan kapas yang telah dicelupkan dalam air mawar pada mata selama beberapa menit.

Baca Juga: Jangan sepelekan 5 manfaat cuci muka sebelum tidur bagi kulit wajah

Cuka Apel

Melansir One Good Thing, mata merah dapat Anda obati memakai cuka apel. Kandungan dalam cuka apel mampu mengurangi peradangan sehingga iritasi pun dapat teratasi. Tidak berhenti sampai di situ, memakai cuka apel juga bisa melawan infeksi penyebab mata merah.

Pertama, campur 1 sdm cuka apel dalam segelas air. Celupkan kapas pada campuran tersebut lalu aplikasikan pada bagian mata. Karena memiliki keasaman yang cukup tinggi, jangan lupa untuk melakukan uji coba dulu, ya. Terlebih bagi Anda pemilik tipe kulit sensitif.

Selanjutnya: Cara Mengatasi Kucing Peliharaan saat Keracunan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×