kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudah dicoba, inilah 4 cara mengatasi mata bengkak


Senin, 09 Agustus 2021 / 12:06 WIB
Mudah dicoba, inilah 4 cara mengatasi mata bengkak
ILUSTRASI. Menggunakan timun bisa jadi salah satu cara mengatasi mata bengkak.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu penyebab mata bengkak yang bisa Anda alami adalah setelah Anda menangis. Tentu saja kondisi itu bisa mengganggu penampilan Anda. Supaya bisa teratasi dengan baik, ada beberapa cara mengatasi mata bengkak yang perlu Anda coba.

Medical News Today (medicalnewstoday.com) merekomendasikan Anda untuk memakai krimwajah dan krim mata. Kandungan dalam jenis krim tersebut mampu menenangkan dan mengencangkan pembuluh darah di sekitar mata. Dengan begitu, mata bengkak pun berkurang.

Beberapa kandungan dalam krim wajah dan krim mata yang dimaksud adalah vitamin C, asam hialuronat, dan retinol. Selain memakai krim, beberapa cara di bawah ini bisa menyembuhkan mata bengkak. Cobalah untuk melakukannya secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.

Gunakan Timun

Bahan alami pertama yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi mata bengkak adalah timun. Kandungan air dalam timun efektif menghidrasi kulit sehingga pembengkakan di sekitar mata dapat berkurang.

Tidak berhenti sampai di situ, menggunakan timun secara teratur juga bisa menyamarkan mata panda atau lingkar hitam di bawah mata. Hal itu disebabkan karena adanya antiinflamasi, vitamin K, dan antioksidan dalam timun.

Baca Juga: 7 Cara menjaga kesehatan mata, terutama bagi pengguna gadget

Atur Makanan yang Anda Konsumsi

Mengatur makanan dan minuman yang Anda konsumsi juga bisa jadi salah satu cara mengatasi mata bengkak, lo. Pertama, usahakan minum banyak air putih untuk menghindari dehidrasi. Beberapa jenis teh herbal juga bisa Anda minum secara teratur supaya kebutuhan tubuh akan cairan terpenuhi.

Selain itu, hindari beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membuat tubuh dehidrasi. Misalnya, makanan yang terlalu asin dan minuman beralkohol. Jika Anda memang ingin mengonsumsi jenis makanan itu, pastikan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Aplikasikan Kompres Dingin

Menggunakan kompres dingin bisa jadi salah satu cara mengatasi mata bengkak.

Mengutip dari Medical News Today, mengaplikasikan kompres dingin mampu memperlancar aliran darah sehingga pembengkakan di sekitar mata pun berkurang. Ada banyak jenis kompres dingin yang bisa Anda pilih, seperti sendok dingin atau handuk yang telah dibasahi dengan air dingin.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Eye Cream Berbahan Retinol untuk Wajah Awet Muda

Pakai Kantung Teh

Selain beberapa cara di atas, mata bengkak juga bisa Anda sembuhkan dengan kantung teh, lo. Kafein yang terdapat dalam teh berfungsi sebagai antioksidan yang mana mampu memperlancar aliran darah. Teh kamomil mengandung antioksidan yang lebih tinggi dari jenis teh yang lain.

Anda perlu merebus kantung teh terlebih dahulu. Setelah itu, diamkan sebentar lalu masukkan dalam kulkas hingga dingin. Selanjutnya, aplikasikan kantung teh dingin di atas mata selama beberapa menit. Terus ulangi cara tersebut sampai mata bengkak berkurang.

Selanjutnya: 5 Cara menghilangkan mata panda ini dari bahan alami, lo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×