kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,76   6,12   0.66%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Yuk 6 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga


Jumat, 28 April 2023 / 07:49 WIB
Simak Yuk 6 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Terdapat manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh yang tidak terduga dan jarang diketahui. Padahal, manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh telah teruji secara klinis khasiatnya.

Oleh sebab itu manfaat terong ungu untuk kesehatan penting untuk diketahui. Meski demikian, manfaat terong ungu untuk kesehatan masih tidak sepopuler jenis buah sayur lainnya.

Berbagai manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh berasal dari banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya. Contohnya seperti protein, karbohidrat, serat, asam folat, kalium, magnesium, vitamin C dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 6 Nutrisi Buah Blewah yang Bermanfaat dan Dibutuhkan Untuk Kesehatan Tubuh

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat terong ungu untuk kesehatan yang cukup menarik perhatian adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebutkan dikarenakan terong ungu mengandung flavonoid yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Ayo Kenali 8 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

2. Mengontrol Kadar Kolesterol 

Terong ungu juga sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Pasalnya, terong ungu mengandung banyak serat, asam klogenat dan antioksidan yang mampu mengontrol kolesterol jahat. 

Selain itu mengkonsumsi terong ungu juga dapat mengurangi risiko penyakit hati berlemak.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh selanjutnya juga tak kalah hebat yaitu mampu mengurangi risiko kanker. 

Terong ungu mengandung polifenol yang melindungi tubuh dari kanker. Selain itu, antosianin dan asam klorogenat juga dapat mencegah radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

Baca Juga: 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Berbahaya Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat terong ungu juga sangat berperan dalam meningkatkan fungsi kognitif. Hal tersebut dikarenakan antosianin pada terong dapat membantu melindungan membran sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Antosianin dalam terong ungu juga membantu mencegah peradangan saraf dan memperlancar aliran darah ke otak. Ini dapat membantu mencegah kehilangan ingatan dan aspek lain dari penurunan mental terkait usia.

Baca Juga: Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh, Ada 6 Hal yang Wajib Diketahui

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Terong ungu termasuk buah sayur yang memiliki serat tinggi. Sehingga mengkonsumsi terong ungu mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama. 

Meski demikian, terong ungu memiliki kadar kalori yang relatif rendah. Sehingga terong ungu sangat direkomendasikan saat diet menurunkan berat badan.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat terong ungu untuk kesehatan yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu menjaga kesehatan mata. Pasalnya terong ungu, mengandung lutein dan zeaxanthin yang berperan untuk meningkatkan penglihatan.

Selain itu, antioksidan dalam terong ungu tersebut bermanfaat untuk mencegah degenarasi makula terkait usia. Itulah beberapa manfaat terong ungu untuk kesehatan yang penting diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×