kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 7 Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan yang Menakjubkan


Senin, 22 Januari 2024 / 16:23 WIB
Simak 7 Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Jagung manis


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jagung Manis - Manfaat jagung manis untuk kesehatan tubuh bukan hal yang baru dan menarik diketahui. Selain itu, manfaat jagung manis untuk kesehatan tubuh juga telah teruji khasiatnya secara klinis.

Jagung manis, atau sering disebut jagung madu, merupakan salah satu jenis jagung yang memiliki butiran manis dan lembut. 

Selain menjadi sajian lezat, jagung manis juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan. 

Baca Juga: Augsburg vs Bayern Munchen (27/1) dan Jadwal Bundesliga 2023-2024 Pekan 19

Melansir dari Healthline, berikut berbagai manfaat jagung manis untuk kesehatan tubuh:

1. Sumber Serat Tinggi

Jagung manis kaya akan serat pangan, yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, memperlambat penyerapan gula darah, dan meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat menjadi bagian penting dari diet untuk menjaga berat badan yang sehat.

Baca Juga: Juventus vs Empoli (28/1) Prediksi dan Jadwal Liga Italia Serie A 2023-2024

2. Kandungan Antioksidan

Jagung manis mengandung antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan ini dapat melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, membantu mencegah penyakit mata terkait usia, seperti degenerasi makula.

3. Menyediakan Energi Instan

Kandungan karbohidrat kompleks dalam jagung manis memberikan sumber energi yang stabil dan tahan lama. Ini membuat jagung manis menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, terutama bagi mereka yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik atau olahraga.

Baca Juga: Jadwal Bundesliga 2023-2024 Pekan 19, Ada Laga VfB Stuttgart vs RB Leipzig

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Jagung manis mengandung asam folat, yang dikenal dapat membantu mengurangi tingkat homosistein dalam darah. Homosistein yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, dan asam folat membantu mengurangi risiko ini.

5. Menyediakan Nutrisi Penting

Jagung manis mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin B kompleks, vitamin C, magnesium, dan potasium. Nutrisi-nutrisi ini mendukung berbagai fungsi tubuh, seperti metabolisme energi, fungsi otot, dan kesehatan tulang.

Baca Juga: Atalanta vs Udinese (27/1) Pekan 22, Cek Jadwal Liga Italia Serie A 2023-2024

6. Mengandung Zea mays everta

Jagung manis juga mengandung senyawa bernama Zea mays everta, yang memiliki sifat antiinflamasi. Ini dapat membantu mengurangi risiko peradangan dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada berbagai kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung dan arthritis.

7. Cocok untuk Penderita Diabetes

Meskipun mengandung gula, jagung manis memiliki indeks glikemik yang relatif rendah. Ini berarti bahwa konsumsinya tidak langsung menyebabkan lonjakan gula darah yang tinggi. Oleh karena itu, jagung manis dapat menjadi pilihan yang lebih baik untuk penderita diabetes jika dikonsumsi dengan bijak.

Meskipun jagung manis memberikan sejumlah manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dalam konteks diet yang seimbang dan sehat. Kombinasi berbagai jenis makanan yang kaya akan nutrisi akan memberikan manfaat terbaik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan atau ahli gizi sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×