kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sering Kambuh Saat Malam Hari, Ini 4 Gejala Utama Asam Urat dan Tanda Harus ke Dokter


Kamis, 09 Maret 2023 / 03:45 WIB
Sering Kambuh Saat Malam Hari, Ini 4 Gejala Utama Asam Urat dan Tanda Harus ke Dokter


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Orang yang sudah berusia lanjut banyak yang menderita asam urat. Meski demikian, penyakit ini juga bisa menyerang siapa saja. 

Penyakit asam urat termasuk penyakit yang tidak menular. Apa itu asam urat? 

Dilansir laman Kemenkes, 9 Juli 2022, asam urat merupakan zat hasil metabolisme atau olahan purin di dalam tubuh. Sementara itu, penyakit asam urat disebut juga gout adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. 

Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki. 

Kadar asam urat normal dalam darah manusia berkisar antara 3,4-7,0 mg/dL pada laki laki, pada perempuan antara 2,4-6,0 mg/dL dan 2,0-5,5 mg/dL pada kelompok anak-anak. 

Baca Juga: Simak Yuk 5 Makanan Penurun Asam Urat yang Penting Diketahui, Apa Saja?

Penyebab asam urat 

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah, lalu diproses oleh ginjal dan dikeluarkan melalui urine. Bila kadar asam urat berlebih atau ginjal tidak dapat mengeluarkan asam urat dengan baik, akan terjadi penumpukan asam urat yang kemudian membentuk kristal di sendi. 

Dilansir dari Mayoclinic, 6 Maret 2021, asam urat terjadi ketika kristal urat menumpuk dan menyebabkan peradangan serta rasa sakit yang hebat. Kristal urat dapat terbentuk ketika penderita memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darah. 

Tubuh menghasilkan asam urat ketika memecah purin. Purin sebenarnya secara alami sudah dihasilkan oleh tubuh. 

Selain itu, purin juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat, yaitu makanan dan minuman yang mengandung purin. 

Makanan dapat dikatakan mengandung purin tinggi jika memiliki kadar purin lebih dari 200mg per 100 gram berat makanan. Contoh makanan tinggi purin adalah aneka jeroan, seafood, sayuran warna hijau dan kacang kacangan serta olahannya. 

Baca Juga: Rasanya Lebih Pedas! Ini Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Makanan laut yang kaya purin, antara lain ikan teri, sarden, remis, scallop, trout, dan tuna. Minuman beralkohol, terutama bir, dan minuman yang dimaniskan dengan gula buah (fruktosa) meningkatkan kadar asam urat. Semakin banyak asupan purin, semakin banyak pula asam urat yang terbentuk dan ginjal akan bekerja keras untuk mengeluarkannya melalui urine. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×