Sering dikeluhkan ibu hamil, ini 4 cara mengatasi sakit pinggang saat mengandung

Senin, 16 November 2020 | 18:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sering dikeluhkan ibu hamil, ini 4 cara mengatasi sakit pinggang saat mengandung

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit pinggang merupakan hal yang umum dialami oleh wanita yang sedang mengandung. Alasannya karena perubahan hormon dan berat badan bertambah selama kehamilan. Beberapa cara berikut bisa Anda coba untuk mengatasi sakit pinggang saat hamil.

Coba Postur Tubuh yang Baik

Saat janin dalam kandungan tumbuh dan berkembang, pusat gravitasi Anda pindah ke depan. Agar tak terjungkal ke depan, Anda mengimbanginya dengan bersender ke belakang. Hal itu bisa membuat otot pinggang menegang.

Untuk menghindari sakit pinggang saat hamil, Mayo Clinic (mayoclinic.org) merekomendasikan beberapa cara, yaitu berdiri tegak dan usahakan agar otot bagian pundak rileks. Jika Anda harus berdiri dalam jangka waktu lama, cobalah untuk beristirahat sesekali agar pinggang tak sakit.

Selain mengatur posisi saat berdiri, mengatur posisi duduk pun penting untuk dilakukan. Usahakan untuk memakai kursi yang mampu menyangga punggung dengan baik. Selain itu, gunakan bantal di belakang pinggang agar bagian belakang Anda tak terasa terlalu sakit.

Baca Juga: Sakit pinggang sebelah kiri bisa disebabkan oleh hal ini

Perhatikan Bentuk Sepatu

Menggunakan sepatu berhak rendah bisa jadi cara menghindari sakit pinggang saat hamil.

Saat hamil, usahakn untuk menggunakan alas kaki yang sesuai. Alih-alih memakai flat shoes, Mayo Clinic menyarankan agar Anda memakai sepatu berhak rendah. Hindari memakai sepatu high heels karena bisa membuat tubuh lebih condong ke depan sehingga meningkatkan resiko terjatuh.

Atur Posisi Saat Mengangkat Barang

Sakit pinggang saat hamil juga bisa Anda hindari dengan mengatur posisi yang benar saat mengangkat barang. Anda bisa mengangkat barang dengan jongkok terlebih dahulu. Jangan mengangkat barang dengan menekuk punggung karena bisa meningkatkan resiko sakit pinggang.

Tak hanya itu, jangan memaksakan diri untuk mengangkat barang-barang yang berat. Anda perlu mengetahui kapasitas Anda untuk mengangkat barang agar kesehatan Anda terjaga. Jika barang yang ingin Anda angkat terlalu berat, Anda bisa meminta pertolongan dari orang lain.

Baca Juga: Catat, inilah gejala saraf terjepit plus penyebabnya

Lakukan Aktivitas Fisik

Mayo Clinic merekomendasikan beberapa aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan untuk menghindari atau mengurangi sakit pinggang saat hamil. Beberapa contoh aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan secara rutin adalah berjalan, peregangan, atau olahraga air.

Anda bisa meminta pertolongan terapis untuk menunjukkan ativitas fisik mana yang sesuai untuk Anda yang sedang hamil. Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin bisa menguatkan punggung dan mengobati sakit pinggang yang mungkin Anda alami.

Selanjutnya: 5 Manfaat kacang hijau terbaik untuk kesehatan tubuh

Editor: Belladina Biananda
Terbaru