kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat kacang hijau terbaik untuk kesehatan tubuh


Senin, 09 November 2020 / 07:49 WIB
5 Manfaat kacang hijau terbaik untuk kesehatan tubuh
ILUSTRASI. Ada banyak manfaat kacang hijau yang bisa dirasakan tubuh. (Kontan/Panji Indra)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda penggemar bubur kacang hijau? Ternyata, jenis kacang ini mengandung banyak manfaat, lo. Manfaat kacang hijau berasal dari banyaknya kandungan bernutrisi yang ada di dalamnya. Dengan mengonsumsi kacang hijau secara rutin, kesehatan tubuh Anda bisa terjaga.

Kaya Antioksidan

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa kacang hijau memiliki banyak antioksidan yang baik untuk tubuh. Mulai dari flavonoid, asam fenolat, asam caffeic, dan lain sebagainya. Antioksidan itu berfungsi untuk melawan serangan radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

Beberapa penyakit yang muncul akibat terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh adalah kanker, penyakit jantung, dan lain-lain. Dengan mengonsumsi kacang hijau, kondisi tersebut bisa dihindari. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk membuktikan hal tersebut.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat kacang hijau lainnya adalah jumlah kolesterol jahat atau LDL berkurang. Saat jumlah kolesterol jahat terlalu banyak dalam tubuh, resiko Anda mengalami penyakit jantung juga meningkat.

Baca Juga: 5 Makanan peningkat daya tahan tubuh anak agar terhindar dari corona

Analisis dari 26 penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 130 g kacang hijau setiap hari mampu menurunkan jumlah kolesterol LDL. Hasil analisis lain yang mengulas 10 penelitian menunjukkan bahwa jumlah kolesterol LDL berkurang sebanyak 5% saat Anda mengonsumsi banyak kacang hijau.

Mengobati Masalah Pencernaan

Salah satu manfaat kacang hijau adalah mengobati masalah pencernaan.

Healthline mengatakan bahwa kacang hijau juga mampu mengobati masalah pencernaan yang sedang Anda alami. Dalam 202 g kacang hijau, Anda bisa mendapat 15.4 g serat. Kandungan serat itu mampu meningkatkan metabolisme sehingga Anda bisa buang air besar lebih lancar.

Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda ingin menurunkan berat badan? Jika iya, tak ada salahnya untuk memasukkan kacang hijau dalam menu makan Anda. Selain mengandung banyak serat, kacang hijau juga kaya akan protein yang mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Salah satu penelitian yang mengulas sembilan penelitian lain membuktikan hal itu. Sebanyak 31% orang-orang yang mengonsumsi kacang hijau merasa lebih kenyang daripada setelah mengonsumsi pasta atau roti.

Baca Juga: 7 Makanan sehat yang baik untuk ibu hamil dan banyak mengandung nutrisi penting

Cocok untuk Wanita Hamil

Manfaat kacang hijau lainnya adalah cocok dikonsumsi oleh wanita hamil. Mengutip dari Healthline, dalam 202 g kacang hijau, Anda bisa mencukupi kebutuhan folat sebanyak 80%. Folat berfungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Selain mampu mencukupi kebutuhan folat bagi wanita hamil, kacang hijau juga mengandung banyak serat, protein, dan zat besi. Saat ingin mengonsumsi kacang hijau, pastikan untuk memasaknya hingga matang, ya. Hal itu perlu Anda lakukan agar tak ada bakteri yang masuk ke tubuh Anda.

Selanjutnya: Ini makanan yang bisa menurunkan berat badan Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×