kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sakit pinggang sebelah kiri bisa disebabkan oleh hal ini


Sabtu, 14 November 2020 / 15:00 WIB
Sakit pinggang sebelah kiri bisa disebabkan oleh hal ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Sakit pinggang sebelah kiri yang dirasakan setiap orang berbeda-beda. Dengan mengetahui penyebab-penyebabnya, cara mengatasi sakit pinggang pun bisa lebih mudah.

Sebab, ada yang mengalami sakit pinggang sebelah kiri sebentar, tapi ada pula yang mengalaminya dalam jangka waktu lama. Berikut penyebab sakit pinggang sebelah kiri:

Kerusakan jaringan lunak

Mengutip dari Healthline, kerusakan jaringan lunak bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri. Kerusakan jaringan lunak yang dimaksud seperti ligamen yang terkilir atau otot yang tegang.

Hasilnya, otot meradang dan mengejang sehingga rasa sakit Anda alami.

Masalah Pada Tulang Belakang

Selain jaringan lunak yang rusak, masalah pada tulang belakang juga jadi penyebab sakit pinggang lainnya yang perlu Anda perhatikan.

Ada beberapa jenis kerusakan pada tulang belakang. Misalnya, hernia, disfungsi sendi, dan osteoartritis.

Baca Juga: Penyebab skoliosis yang perlu Anda ketahui

Organ dalam tubuh mengalami gangguan

Organ bermasalah dalam tubuh, apalagi yang berada di bagian perut, juga bisa menimbulkan nyeri yang terasa di pinggang. Beberapa jenis penyakit yang biasanya menimbulkan sakit pinggang adalah batu ginjal, infeksi ginjal, pankreatitis, endometriosis, fibroid.

Sakit pinggang yang Anda alami perlu segera diperiksakan pada dokter. Apalagi jika ada gejala lain yang membuat kondisi Anda semakin parah. Contohnya, bagian bawah tubuh terasa lemah dan sering mengalami kesemutan, mual, muntah, pusing, demam, hingga kencing berdarah.

Cara mengobati sakit pinggang sebelah kiri

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri pinggang yang Anda rasakan. Anda bisa meredakan rasa sakit sendiri atau memeriksakannya langsung ke dokter.

Jika Anda ingin mengobati sendiri, Anda bisa beristirahat, mengurangi aktivitas yang menyulitkan bagian pinggang, menggunakan kompres hangat atau dingin, dan minum obat pereda nyeri yang dijual di apotek.

Baca Juga: 3 Penyebab sakit pinggang dan cara mencegahnya

Bila pengobatan yang Anda lakukan sendiri tak membuahkan hasil, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan meresepkan obat-obatan, suntikan, atau penguat pinggang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Operasi perlu dilaksanakan jika rasa sakit yang Anda alami tak kunjung hilang selama enam hingga 12 minggu pengobatan. Healthline menyebutkan, Anda bisa mencoba pengobatan alternatif, seperti terapi, meditasi, atau pijat.

Selanjutnya: 5 Penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang perlu diwaspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×