kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang perlu diwaspadai


Kamis, 05 November 2020 / 14:15 WIB
5 Penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang perlu diwaspadai
ILUSTRASI. Sakit pinggang sebelah kanan bisa disebabkan oleh banyak hal.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Sakit pinggang sebelah kanan bisa disebabkan oleh banyak hal. Anda harus mengenali dan mewaspadai penyebab sakit pinggang sebelah kanan. 

Mulai dari masalah di otot, tulang, sistem saraf, hingga organ dalam tubuh. Dengan mengetahui penyebab sakit pinggang sebelah kanan berikut, Anda bisa lebih berhati-hati dan melakukan perawatan dengan tepat:

Radang usus buntu

Usus buntu merupakan salah satu organ yang berfungsi untuk menjaga sistem imun tubuh. Saat tersumbat atau infeksi, usus buntu bisa meradang. Dimulai dari perut sebelah kanan, rasa sakitnya bisa menjalar hingga ke pinggang bagian kanan.

Menurut Medical News Today, ada gejala radang usus buntu selain rasa sakit pinggang sebelah kanan. Beberapa di antaranya adalah perut kembung, kehilangan nafsu makan, mual, sembelit, muntah, hingga diare.

Baca Juga: Cara mengobati tulang ekor sakit yang bisa Anda lakukan

Penyakit ginjal

Infeksi bakteri pada saluran kencing bisa membuat Anda mengalami rasa sakit. Jika dibiarkan, infeksi tersebut akan mengganggu fungsi ginjal.

Akhirnya, penyakit-penyakit ginjal tak bisa Anda hindari. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan gejala penyakit ginjal yang mungkin Anda alami.

Anda mungkin akan mengalami rasa sakit pinggang, mual, muntah, mengeluarkan urin yang berwarna gelap, sering buang air kecil, dan demam. Untuk menghindari hal tersebut, usahakan untuk banyak minum air putih agar ginjal tetap berfungsi dengan baik.

Stenosis tulang belakang

Stenosis tulang belakang merupakan kondisi di mana tempat sumsum tulang belakang mengalami penyempitan. Sumsum tulang belakang yang tertekan menimbulkan rasa sakit yang bisa menjalar ke pinggang, bokong, hingga paha.

Baca Juga: Penyebab skoliosis yang perlu Anda ketahui




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×