kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,33   -7,16   -0.78%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara mengobati tulang ekor sakit yang bisa Anda lakukan


Rabu, 04 November 2020 / 11:30 WIB
Cara mengobati tulang ekor sakit yang bisa Anda lakukan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan tulang ekor sakit. Mulai dari kecelakaan, duduk di permukaan yang keras dan sempit terlalu lama, persalinan, dan perubahan sendi. Anda akan merasakan pegal dan nyeri di tulang belakang, apalagi saat duduk atau merubah posisi tubuh.

Mayo Clinic (mayoclinic.org) mengatakan bahwa gangguan tulang ekor semakin terasa saat wanita mengalami menstruasi. Biasanya, rasa sakit akan berkurang dalam beberapa minggu. Namun, jika nyeri Anda rasakan secara terus-menerus, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

Nantinya, dokter akan melakukan beberapa pengujian untuk menentukan penyebab tulang ekor sakit. Apakah disebabkan oleh patah tulang, perubahan degeneratif, atau tumor. Dalam melakukan pengobatan, ada beberapa jenis perawatan yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengobati Tulang Ekor Sakit

Pertama, Anda bisa menggunakan terapi fisik. Saat melakukan terapi, Anda akan belajar beberapa teknik relaksasi. Kedua, Anda bisa melakukan pemijatan pada otot di sekitar tulang ekor sehingga rasa sakit bisa berkurang.

Baca Juga: Penyebab skoliosis yang perlu Anda ketahui

Ketiga, sakit yang terasa di bagian tulang ekor bisa diobati dengan mengonsumsi beberapa jenis obat. Anda bisa mengonsumsi antidepresan, antiepilepsi, dan suntikan anestesi lokal. Jika semua jenis pengobatan tersebut tak mengobati rasa sakit yang Anda alami, dokter biasanya akan menyarankan operasi.

Cara Meredakan Tulang Ekor Sakit

Saat tulang ekor sakit, ada baiknya jika Anda melakukan beberapa hal untuk mencegah kondisinya berubah semakin parah. Usahakan untuk mengatur posisi duduk agar tak membebani tulang ekor. Setelah duduk selama 20 menit, cobalah untuk melakukan gerakan tubuh lain.

Ketika mengubah posisi tubuh, lakukanlah secara perlahan agar tak mengganggu bagian tulang belakang. Mengonsumsi makanan berserat juga penting untuk dilakukan agar sembelit bisa dihindari dan buang air besar menjadi lancar.

Baca Juga: Penyebab osteoporosis meningkat karena faktor-faktor ini

Tulang ekor yang terasa sakit juga bisa dikurangi dengan memakai kompres. Letakkan kompres panas atau dingin di bagian tulang belakang selama 10 hingga 15 menit. Anda bisa melakukan cara ini empat kali dalam sehari untuk mengurangi rasa sakit.

Sama seperti jenis tulang yang lain, tulang ekor juga bisa patah. Maka dari itu, Anda perlu selalu berhati-hati agar tulang ekor tak mengalami gangguan. Dengan begitu, aktivitas Anda pun tak akan terganggu.

Selanjutnya: 3 Penyebab sakit punggung pada wanita yang umum terjadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×