kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Penyebab sakit pinggang dan cara mencegahnya


Minggu, 27 September 2020 / 14:45 WIB
3 Penyebab sakit pinggang dan cara mencegahnya


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keseleo atau perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba adalah penyebab sakit pinggang yang biasanya dialami oleh seseorang. Hal itu tentu saja mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi bagi Anda yang menggunakan kekuatan fisik untuk bekerja.

Mengutip dari Healthline, sebanyak 80% orang Amerika mengalami sakit pinggang. Penyakit ini dirasakan oleh orang dewasa yang berusia 30 hingga 50 tahun. Hal itu dikarenakan iritasi di tulang belakang karena cairan yang berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Tak hanya itu, perubahan bentuk otot juga menyebabkan Anda lebih mudah mengalami sakit pinggang. Sakit yang Anda rasakan bisa berlangsung selama beberapa hari atau beberapa minggu. Agar kondisi Anda tak semakin parah, penyebab sakit pinggan berikut perlu diperhatikan.

Keseleo

Otot dan ligamen di tulang belakang bisa mengencang dan robek jika Anda berlebihan dalam melakukan aktivitas. Selain terasa sakit, keseleo menyebabkan otot mengejang dan terasa kaku. Healthline mengatakan bahwa hal ini bisa diatasi dengan istirahat dan terapi fisik.

Baca Juga: Pinggang kanan nyeri? Awas batu ginjal

Disk Terluka

Seiring bertambahnya usia, disk di tulang belakang semakin mudah terluka. Hal ini terjadi saat tulang rawan di sekitar disk menekan sumsum tulang belakang. Biasanya, disk terluka akibat posisi tubuh yang salah saat mengangkat benda berat. Anda bisa mengalami kondisi ini lebih dari 72 jam.

Spinal Stenosis

Penyebab sakit pinggang lainnya adalah spinal stenosis. Penyakit ini terjadi akibat tulang belakang yang menyempit sehingga menekan sumsum tulang belakang dan saraf tulang belakang. Gejala yang timbul berupa mati rasa, kram, dan kelelahan.

Baca Juga: Sering bergerak jauhkan sakit pinggang

Cara Mencegah Sakit Pinggang

Penyebab sakit pinggang bisa dicegah dengan mengatur postur tubuh yang baik.

Penyebab sakit pinggang bisa dicegah dengan banyak hal. Cara-cara ini juga bisa mengurangi gejala sakit pinggang yang Anda rasakan. Pertama, Anda bisa mempraktikkan postur tubuh yang baik dan mengangkat barang-barang dengan cara yang benar.

Kedua, Anda bisa rutin melakukan olahraga yang bisa meningkatkan kesehatan otot perut dan tulang belakang. Jika Anda memiliki berat badan berlebih, diet perlu dilakukan untuk mengurangi tekanan. Berhenti merokok pun bisa dijadikan pilihan karena nikotin dapat mengurangi aliran darah.

Selanjutnya: Jangan sepelekan sakit pinggang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×