kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.984
  • EMAS705.000 0,14%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%

Sepuluh manfaat kesehatan rutin minum air hangat


Jumat, 14 Juni 2019 / 08:30 WIB

Sepuluh manfaat kesehatan rutin minum air hangat
ILUSTRASI. Disarankan untuk minum air hangat setiap selesai makan

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kita selalu diingatkan tentang pentingnya minum air dalam jumlah yang cukup hingga sekitar delapan gelas sehari. Namun, mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa minum air hangat ternyata bisa membawa manfaat lebih jika kita lakukan secara rutin.

Pengobatan Tiongkok dan India kuno bahkan meyakini bahwa memulai hari dengan segelas air hangat bisa membantu memperlancar sistem pencernaan dan memberi sejumlah manfaat kesehatan. Sejumlah peneliti menemukan bahwa air hangat bisa melancarkan hidung tersumbat dan membuat kita merasa lebih tenang.


Disarankan untuk minum air hangat setiap selesai makan atau meminumnya minimal tiga hingga empat kali seminggu secara rutin. Banyak pula orang yang mengonsumsinya sebagai pengobatan holistik. Nah, apa saja manfaat lebih lanjut dari konsumsi air hangat?

1. Memerlancar pencernaan

Minum air hangat dipercaya mampu melegakan dan mengaktivasi saluran pencernaan. Sebab, organ pencernaan akan terhidrasi lebih baik dan mampu mengeliminasi sampah dengan lebih cepat seiring dengan mengalirnya air hangat melalui perut dan usus.

Selain itu, air hangat juga berperan sebagai pelumas yang bisa memperlancar pencernaan itu sendiri.

2. Mengobati sembelit

Salah satu masalah perut yang banyak dialami karena kurang air adalah konstipasi. Konstipasi disebabkan karena penumpukan kotoran pada usus yang mengurangi kerja saluran usus besar. Konstipasi membuat orang sulit buang air besar bahkan bagi sebagian orang, buang air besar menjadi sangat menyakitkan.

Minumlah segelas air hangat di pagi hari untuk mengobati konstipasi dan meningkatkan kerja usus besar. Minum air hangat bisa membantu usus untuk berkontraksi dan mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh.

3. Melegakan hidung tersumbat

Uap hangat dari air panas bisa membantu melegakan sakit kepala karena hidung tersumbat. Gunakan uap tersebut untuk melegakan hidung tersumbat dan karena kita memiliki membran mukosa pada leher, minum air hangat bisa mencegah mukosa terbentuk.

4. Melegakan sistem syaraf

Minum air hangat bisa membantu melegakan sistem syaraf pusat dan melubrikasi tubuh kita. Dengan fungsi sistem syaraf yang optimal, fungsi tubuh kita akan berjalan dengan baik dan minim rasa sakit.

5. Menurunkan berat badan

Minum air hangat bisa membantu meluruhkan cadangan lemak dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Dengan air hangat, tubuh bisa menurunkan suhu internalnya dan meningkatkan metabolisme.

Minumlah air hangat dengan campuran lemon atau madu (atau keduanya) setiap setelah makan. Lemon mengandung serat pektin yang mampu mengontrol rasa lapar serta ideal untuk orang-orang yang sedang menjalani diet alkaline.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Air hangat yang bisa membantu meluruhkan simpanan lemak dan memperlancar sistem syaraf akan berdampak pada kelancaran sirkulasi darah. Sebab, air hangat mampu membantu organ tubuh membawa darah lebih efektif ke seluruh tubuh.

7. Menghilangkan racun tubuh

Minum air hangat akan membantu mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh serta membersihkan sistem tubuh kita. Jika kita meminumnya secara rutin, sistem endokrin dalam tubuh kita akan teraktivasi dan menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat.

Racun akan keluar dari tubuh lewat keringat tersebut.

8. Meredakan sakit

Minum air hangat bisa memperlancar sirkulasi pada pembuluh darah, membuat otot-otot tubuh menjadi rileks. Ini akan membantu kita mampu mengatasi rasa nyeri dari sendi-sendi yang sakit.

Jika perut terasa sakit, sakit kepala atau sakit pada bagian tubuh tertentu, cobalah minum air hangat untuk meredakan rasa sakitnya.

9. Mengelola stres

Jika kamu sedang merasa stres, minum air hangat bisa meredakannya secara perlahan. Minum air hangat bisa membuat otot rileks sehingga level hormon kortisol (penyebab stres) menurun.

10. Mengurangi sakit menstruasi

Salah satu manfaat utama minum air hangat adalah membantu mengurangi kram menstruasi. Air hangat bisa membawa efek menenangkan dan melegakan terhadap otot perut dengan mengurangi kekejangan dan kram yang biasa dialami ketika perempuan menstruasi. (Nabilla Tashandra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 10 Manfaat Kesehatan Rutin Minum Air Hangat.


Sumber : Kompas.com
Editor: Wahyu Rahmawati
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = 0.0607 || diagnostic_web = 0.2913

Close [X]
×