Selain Sering Dijadikan Lalapan, Kenali 10 Manfaat Selada Ini

Minggu, 17 April 2022 | 04:45 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Selain Sering Dijadikan Lalapan, Kenali 10 Manfaat Selada Ini


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Selada dikenal sebagai salah satu sayuran yang sering dijadikan lalapan. Namun, tahukah Anda selada menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan?

Di Indonesia, selada merupakan sayuran hijau yang cukup populer hampir dikonsumsi di setiap daerah. Tak hanya dijadikan lalapan, selada juga sering dijadikan bahan berbagai macam makanan khas Indonesia, salah satunya gado-gado.

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa selada mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut didapatkan karena selada mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Bulan Puasa, Efektif Coba 4 Hal Ini

Nutrisi yang terkandung dalam selada di antaranya seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B-6, vitamin E, kalsium, magnesium, fosfor, zinc dan masih banyak lagi kandungan lainnya. 

Lalu apa saja manfaat selada untuk kesehatan? 

Melansir dari Lybrate, berikut manfaat selada untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

Baik untuk Insomnia

Mengkonsumsi selada dipercaya bermanfaat bagi penderita insomnia. Pasalnya, selada mengandung senyawa yang mampu menenangkan dan merangsang tidur tetapi tidak memiliki efek samping. Jika Anda sulit tidur, Anda bisa mencoba mengonsumsi beberapa lembar daun selada.

Melawan Radikal Bebas

Selada memiliki antioksidan yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh kita yang terbentuk karena metabolisme sel. Radikal ini cenderung merusak jaringan dan sel sehat. Untuk itu, antioksidan dalam selada mempunyai manfaat yang dapat melindungi tubuh dari radikal tersebut.

Baca Juga: Mengandung Banyak Purin, Hati-Hati 5 Makanan Penyebab Asam Urat Ini

Mencegah Penyebaran Sel Kanker

Ekstrak daun selada mempunyai manfaat yang dapat mencegah penyebaran sel leukemia dan sel kanker payudara. Selada juga mengandung flavonoid yang membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut. Jadi memasukkan selada dalam diet Anda dapat membantu melawan berbagai jenis kanker.

Membantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Selada mempunyai peran dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Sangat penting bahwa tubuh kita benar memetabolisme makanan yang kita konsumsi. Jika tidak, tubuh mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai aktivitas.

Karena adanya zat besi, magnesium dan potasium yang terkandung dalam selada membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh Anda. Selada juga mengandung Vitamin B kompleks yang membantu metabolisme.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata, Coba 4 Bahan Alami Ini

Menjaga Kesehatan Jantung

Selada

Selada juga mempunyai manfaat yang mampu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, mengkonsumsi selada juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Pasalnya, selada mengandung vitamin C dan beta karoten yang dapat membantu mencegah pembentukan dinding atau plak yang dapat memutus aliran darah.

Mencegah Kerusakan Saraf 

Selada juga bermanfaat untuk mencegah rusaknya sel saraf dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan selada berperan penting jika tubuh kekursngan glukosa atau serum yang membantu mencegah kematian sel neuron.

Memliki Sifat Antimikroba

Selada memiliki sifat antimikroba dan bermanfaat membantu melawan mikroba berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Ini karena adanya terpen dan kardenolida yang berfungsi untuk mempertahankan tubuh kita dari mikroba jahat.

Baca Juga: Ampuh Banget! Coba 6 Obat Ambeien yang Berbahan Alami Ini

Mengendalikan Kecemasan

Manfaat selanjutnya, selada dipercaya mampu mengendalikan kecemasan. Pasalnya, Selada memiliki sifat ansiolitik yang membantu mengendalikan kecemasan. Selada juga memiliki peran dalam proses kesehatan saraf sehingga membantu mengatasi masalah mental seperti depresi.

Membantu Menghilangkan Racun

Selada mengandung cukup banyak mineral yang mampu membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hal tersebut juga membantu keseimbangan asam dalam tubuh.

Memiliki Sifat Antiinflamasi

Ekstrak selada memiliki sifat antiinflamasi karena adanya biokatalis seperti lipoxygenase dan karagenan. Dengan demikian selada mempunyai manfaat yang untuk mencegah berbagai penyakit akibat peradangan. Dengan begitu, selada sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai salah satu makanan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru