kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain Pisang, Ini Buah Tinggi Potasium yang Efektif Melumpuhkan Tekanan Darah Tinggi


Minggu, 16 April 2023 / 05:05 WIB
Selain Pisang, Ini Buah Tinggi Potasium yang Efektif Melumpuhkan Tekanan Darah Tinggi


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tekanan darah tinggi jadi penyebab utama penyakit jantung. Ini buah-buahan tinggi potasium yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi, selain pisang.

Tekanan darah tinggi bisa diderita oleh siapa saja. Anda jangan pernah menganggap enteng darah tinggi. 

Baca Juga: Merontokkan Kolesterol Jahat, 8 Manfaat Teh Alpukat yang Kaya Antioksidan

Sebab, tekanan darah tinggi menjadi penyebab utama penyakit jantung. Selain itu, tekanan darah tinggi juga bisa memicu stroke dan gangguan kesehatan lainnya. 

Mengutip dari Mayo Clinic, seseorang dikatakan mengalami darah tinggi bila tekanan darah sama dengan atau di atas 130/80 mmHg. 

Biasanya seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi akan menunjukkan beberapa gejala seperti: 

  • Sakit kepala 
  • Sesak napas 
  • Mimisan 

Naiknya tekanan darah disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya: 

  • Konsumsi terlalu banyak garam 
  • Kekurangan potasium 
  • Minum alkohol berlebihan 
  • Stres
  • Kehamilan 
  • Menderita penyakit tertentu (batu ginjal dan diabetes) 
  • Merokok 
  • Kegemukan 
  • Tubuh kurang aktif 
  • Usia

Biasanya penderita tekanan darah tinggi disarankan untuk melakukan diet yang seimbang dan sehat. 

Sebab makanan tertentu bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrolnya. 

Buah penurun tekanan darah tinggi 

Buah-buahan baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi dengan porsi terukur. 

Berikut 5 buah yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi: 

1. Semangka 

Semangka kaya akan likopen yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. 

Semangka kaya akan beta karoten, vitamin C, dan antioksidan. Selain itu, semangka mengandung potasium yang menjaga tekanan darah tetap terkendali. 

2. Kiwi 

Kiwi tinggi antioksidan dan mengandung mineral yang penting untuk tubuh. 

Selain itu, kiwi mengandung serat yang membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan. 

Kandungan vitamin C dalam kiwi bermanfaat meningkatkan kekebalan dan kesehatan kulit. 

Hasil sebuah penelitian menunjukkan konsumsi tiga buah kiwi sehari bisa mengontrol tekanan darah. 

3. Pisang 

Pisang merupakan sumber potasium. Dalam 100 gram pisang mengandung sekitar 358 mg potasium. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Internasional Pharmacognosy, 50 gra, bubur pisang matang yang diberikan pada tikus per hari bersama dengan pelet makanan standar, bisa mencegah peningkatan tekanan darah pada tikus yang diinduksi. 

4. Stroberi 

Stroberi kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi.  Stroberi sumber vitamin C dan asam lemak omega 3 yang ramah bagi jantung. 

Kandungan potasium dalam stroberi membantu menjaga tingkat darah tetap stabil. 

5. Mangga 

Mangga kaya akan potasium. Asal tahu saja, dalam 100 gram mangga mengandung 168 mg potasium. 

Anda sebaiknya mengonsumsi mangga secukupnya. Sebab, mangga yang dimakan secara berlebihan bisa menyebabkan panas tubuh yang berlebihan. 

Baca Juga: Terbukti Mengontrol Gula Darah, 8 Manfaat Melon yang Kaya Vitamin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×