Selain Pir, Ini Buah yang Membantu Menurunkan Gula Darah pada Penderita Diabetes

Selasa, 26 Juli 2022 | 11:28 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Selain Pir, Ini Buah yang Membantu Menurunkan Gula Darah pada Penderita Diabetes

ILUSTRASI. Buah pir membantu menurunkan gula darah tinggi pada penderita diabetes.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita diabetes harus menjaga kadar gula darah tetap normal. Ini buah yang membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. 

Diabetes merupakan penyakit yang muncul karena gaya hidup buruk. Penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja. 

Baca Juga: Gula Darah Rendah Bisa Menyebabkan Kerusakan Jantung, Benarkah?

Penderita diabetes wajib menjaga kadar gula darah tetap stabil. Alasannya, gula darah yang terlalu tinggi bisa memicu komplikasi penyakit. 

Salah satu cara untuk menjaga kadar gula darah tetap normal adalah dengan menjalankan diet yang tepat serta menjalankan gaya hidup sehat. 

Namun, untuk Anda penderita diabetes yang terlanjur memiliki kadar gula darah tinggi bisa mengonsumsi obat resep dokter. 

Opsi lainnya, penderita diabetes bisa mengonsumsi buah-buahan utuh secara rutin dengan porsi sedang. 

Perlu Anda ketahui, beberapa jenis buah memiliki khasiat menurunkan gula darah tinggi. 

Berikut buah yang membantu menurunkan gula darah tinggi pada penderita diabetes: 

1. Bengkoang  

Mengutip dari Healthline, kandungan serat dalam bengkuang bisa membantu mencegah kadar gula darah naik secara instan.   

Penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bengkuang bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah.  

2. Alpukat  

Mengutip dari Medical News Today, alpukat baik dan aman untuk kesehatan penderita diabetes.   

Alasannya, alpukat merupakan buah yang bisa mengontrol lonjakan gula darah dan rendah karbohidrat serta gula.  

Rendahnya karbohidrat dan tingginya kandungan serat serta lemak sehat penderita diabetes bisa makan alpukat dalam jumlah sedang. 

3. Buah pir  

Serat dalam buah pir membantu dalam mengontrol kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol.    

Selain itu, serat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga menurunkan nafsu makan.    

Buah pir merupakan buah yang memiliki nilai indeks glikemik rendah, sehingga tidak memicu lonjakan kadar gula darah.    

"Mengonsumsi buah pir utuh berpotensi mengontrol diabetes tahap awal. Kulit buah pir mengandung fenolik yang lebih tinggi dibandingkan dagingnya," kata Dr. Mahesh. D.M, Konsultan Endokrinologi, Rumah Sakit Aster CMI.  

4. Markisa  

Merangkum dari FOOD NDTV, markisah aman dan baik dikonsumsi penderita diabetes.   

Alasannya, markisa memiliki skor indeks glikemik yang rendah dan kandungan serat tinggi.   

Kedua hal tersebut bermanfaat untuk menjaga kadar insulin bagi penderita diabetes.   

Dr. Sandhya Mishra, Spesialis Diabetes mengatakan markisa memiliki serat tinggi yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

5. Berry 

Berry kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk penderita diabetes. 

Penelitian menunjukkan stroberi, blueberry, dan blackberry berperan membantu mengelola gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin serta meningkatkan pembersihan glukosa darah. 

6. Jeruk 

Jeruk dan jeruk bali tinggi serat dan mengandung senyawa naringenin, polifenol yang memiliki sifat antidiabetes yang kuat. 

Makan jeruk utuh bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin. 

Baca Juga: Menurunkan Asam Urat Tinggi, Ini 3 Manfaat Daun Alpukat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru