Selain Pare, Ini 6 Bahan Alami yang Membuat Kolesterol Jahat Rontok

Kamis, 15 September 2022 | 14:40 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Selain Pare, Ini 6 Bahan Alami yang Membuat Kolesterol Jahat Rontok

ILUSTRASI. Pare, bahan alami yang efektif menurunkan kolesterol.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kolesterol tinggi bisa memicu penyakit stroke dan jantung. Ini bahan alami yang efektif merontokkan kolesterol tinggi.  

Kadar kolesterol jahat yang tinggi berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sebab, kolesterol tinggi bisa menciptakan plak di dalam arteri yang menghambat peredaran darah.

Baca Juga: Mugil dan Super Asam, Ini Manfaat Belimbing Wuluh, Bisa Menurunkan Gula Darah Loh  

Kolesterol tinggi yang tidak diobati bisa memicu penyakit jantung dan stroke. 

Asal tahu saja, kolesterol tinggi muncul karena gaya hidup dan pola makan yang buruk. 

Kabar baiknya, perubahan gaya hidup bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi. Diet sehat dan seimbang bermanfaat menjaga kadar kolesterol tetap stabil. 

Selain itu, konsumsi beberapa jenis bahan alami juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Hal ini menjadi solusi untuk Anda yang enggan minum obat kimia untuk menurunkan kolesterol tinggi. 

Berikut bahan alami yang efektif menurunkan kolesterol tinggi: 

1. Cincau hitam dan hijau  

Melansir dari Grid.id, cincau hitam mengandung polifenol yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.  Selain itu, polifenol dalam cincau hitam bisa menurunkan tekanan darah. 

Sedangkan, cincau hijau mengandung polifenol, saponin, flavonoid, kalsium, fosfor, dan vitamin A serta B.  Kandungan tersebut membuat cincau hijau efektif membantu menurunkan kolesterol tinggi. 

2. Pare 

Mengutip dari Healthline, beberapa hasil penelitian pada hewan menjukkan pare bisa menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.  

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus dengan diet tinggi kolesterol menunjukkan pemberian ekstrak pare menyebabkan penurunan kolesterol total, LDL, dan trigliserida secara signifikan. 

3. Seledri 

Mengutip dari buku berjudul Ramuan Herbal Penurun Kolesterol, karya Prof H.Hembing W, seledri mengandung minyak asiri, flavonoid, koumarin, furanokoumarin, isokuersetin, saponin, asparagin, apialkali, tirosin, glutamin, pentosan, dan manit.   

Kandungan tersebut yang membuat seledri dianggap efektif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.  

4. Daun kemangi  

Merangkum dari FOOD NDTV, kemangi mengandung senyawa kimia yang bisa membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh. 

5. Terong 

Mengutip dari Kompas.com, terong merupakan sayuran sumber serat dan bersifat antioksidan tinggi.  Serat dalam terong membantu menurunkan kolesterol dan membantu melancarkan peredaran darah. 

6. Bit 

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, antioksidan dalam buah bit bisa mengurangi oksidasi kolesterol jahat, melindungi dinding arteri, dan mencegah penyakit jantung, serta stroke.

Baca Juga: Buah dan Jus, Baik atau Buruk Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru