CLOSE [X]

Selain Jus, Ini Minuman yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Minggu, 16 Januari 2022 | 12:35 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Selain Jus, Ini Minuman yang Efektif Menurunkan Berat Badan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jus buah dan sayur bukanlah satu-satunya minuman yang baik dikonsumsi saat diet. Ini minuman yang efektif membantu menurunkan berat badan. 

Memiliki berat badan yang ideal menjadi impian kebanyakan orang. Berat badan ideal tidak hanya membuat penampilan menjadi menarik tapi juga bisa menurunkan risiko penyakit kronis. 

Baca Juga: Tak hanya mengontrol gula darah, ini manfaat jus tomat untuk penderita diabetes

Apakah Anda sedang berjuang untuk mencapai berat badan ideal? 

Menurunkan berat badan bukanlah perkara yang mudah untuk sebagian orang. Selain niat, Anda wajib kerja keras untuk mencapainya. 

Mengutip dari Healthline, beberapa jenis minuman bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Dengan catatan, Anda mengonsumsinya dengan benar dan tidak berlebihan. Berikut 8 minuman yang bisa membantu menurunkan berat badan: 

1. Teh hijau 

Sebuah tinjauan dari 14 penelitian menemukan bahwa orang yang minum teh hijau berkonsentrasi tinggi selama 12 minggu akan kehilangan berat badan sekitar 0,2 Kg sampai 3,5 Kg lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi teh hijau. 

Asal tahu saja, teh hijau mengandung katekin yang berperan sebagai antioksidan yang bisa meningkatkan pembakaran lemak serta meningkatkan metabolisme. 

Matcha merupakan jenis teh hijau yang mengandung jumlah katekin yang lebih tinggi daripada teh hijau daun longgar. Matcha menjadi pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan. 

Satu penelitian menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi 3 gram matcha per hari mengalami pembakaran lemak yang lebih besar saat berolahraga dibandingkan dengan perempuan yang tidak minum matcha. 

Teh hijau yang mengandung katekin bisa membantu meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan energi dan meningkatkan aktivitas saat olahraga. 

2. Kopi 

Kafein yang terkandung dalam kopi bermanfaat untuk menurunkan berat badan. 

Kopi bisa mengurangi asupan energi dan meningkatkan metabolisme yang bisa membantu menurunkan berat badan. 

3. Teh hitam 

Teh hitam mengandung polifenol tinggi yang bemanfaat untuk membantu mengurangi berat badan. 

hasil penelitian menunjukkan polifenol dalam teh hitam bisa meningkatkan penurunan berat bada dengan mengurangi asupan kalori, merangsang pemecahan lemak, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang ramah. 

Sebuah penelitian pada 111 orang menunjukkan bahwa mereka yang minum 3 cangkir teh hitam setiap hari selama tiga bulan akan kehilangan lebih banyak berat badan dan memiliki pengurangan lingkar pinggang yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol. 

4. Air 

Minum lebih banyak air membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. 

Penelitian menunjukkan minum air sebelum makan bisa mengurangi kalori dan menurunkan berat badan. 

Minum air dingin bisa meningkatkan pengeluaran energi saat istirahat yakni jumlah kalori yang dibakar saat tubuh beristirahat. 

Penelitian pada 21 anak yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa pengeluaran energi saat istirahat meningkat sampai 25% selama 40 menit setelah minum air 10 ml air dingin per kilogram berat badan. 

5. Cuka apel 

Cuka apel mengandung asam asetat, senyawa yang bisa merangsang penurunan berat badan dengan menurunkan kadar insulin, meningkatkan metabolisme, menekan nafsu makan, dan membakar lemak. 

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa asam asetat bisa mencegah penambahan berat badan dan mengurangi akumulasi lemak di perut dan hati. 

6. Teh jahe 

Penelitian yang menggunakan bubuk jahe dan dilakukan pada manusia menunjukkan bahwa teh jahe bisa membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pengeluaran kalori. 

Penelitian pada 10 laki-laki yang kelebihan berat badan menemukan bahwa ketika mereka minum 2 gram bubuk jahe yang dilarutkan dalam air panas saat sarapan bisa meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan. 

7. Minuman tinggi protein 

Minuman yang tinggi protein bisa menekan rasa lapar dan mengurangi nafsu makan. 

8. Jus sayuran 

Jus buah memang kerap dikaitkan dengan penambahan berat badan, namun jus sayuran memberikan efek yang sebaliknya. 

Anda bisa memilih mengonsumsi salah satu dari delapan jenis minuman di atas secara rutin. 

Namun, jangan lupa Anda wajib olahraga teratur dan mengatur pola makan agar berat badan segera turun.

Baca Juga: Efektif menurunkan kolesterol jahat, ini 5 manfaat labu untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru