Tips Sehat

Selain ikan, makanan apa lagi untuk memenuhi gizi di tengah pandemi corona?

Senin, 13 Juli 2020 | 14:53 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Selain ikan, makanan apa lagi untuk memenuhi gizi di tengah pandemi corona?

ILUSTRASI. Ikan menjadi salah satu makanan bergizi yang bisa dimakan saat pandemi covid 19. ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Diberitakan dalam laman bnpb.go.id pada 11 Juli 2020, ratusan ikan kakap putih dipanen oleh Kelompok Budi Daya Botol Bekas di Ambon, Maluku. Ikan kakap putih tersebut akan dikirimkan ke Jakarta untuk memenuhi gizi pasien virus corona.

Tak hanya itu, 200 kg ikan kakap putih juga akan dikirim ke Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat. Hal itu dimaksudkan untuk mengembalikan kesehatan 1.262 peserta didik dan pelatih serta 17 pasien covid 19.

Baca Juga: Apapun model rambut Anda, begini langkah-langkah merawatnya

Ikan memang bisa dijadikan sumber nutrisi untuk mencegah serangan virus corona. Hal tersebut disampaikan oleh Muhamad Nur Ghoyatul Amin, M.Sc., Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Airlangga Surabaya melalui laman unair.ac.id. Nutrisi dalam ikan bisa mencegah infeksi patogen. Beberapa nutrisi penting yang terkandung dalam ikan, yaitu vitamin, mineral, omega 3, dan lain sebagainya.

Jenis Makanan Lain untuk Menuhi Gizi

Selain ikan, ada jenis makanan lain yang disarankan untuk dikonsumsi agar tubuh bisa bertahan dari serangan virus corona. Dilansir dari emro.who.int, mengonsumsi sayur dan buah segar setiap segar sangat disarankan. Anda bisa mengonsumsi buah sebanyak empat kali penyajian dan sayur sebanyak lima kali penyajian setiap hari.

Baca Juga: Apa saja gejala penyakit herpes? Ini dia rinciannya

Namun, perhatikan cara memasak Anda. Jangan sampai memasak sayur secara berlebihan agar vitamin penting yang terkandung tidak hilang. Jika Anda ingin memakan buah untuk selingan makan atau snack, akan lebih baik jika mengonsumsinya langsung tanpa diolah menjadi hidangan lain.

Emro.who,int juga merekomendasikan agar Anda selalu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Anda bisa melakukannya dengan rutin minum air putih. Air putih akan membawa nutrisi yang dibawa oleh darah ke seluruh tubuh. Selain itu, air putih juga berfungsi untuk mengatur suhu tubuh dan membuang zat tidak penting dari dalam tubuh.

Itulah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi gizi di tengah pandemi. Untuk mencegah penularan virus corona, akan lebih baik jika Anda tidak makan di restoran. Hal tersebut dikarenakan resiko tertular virus covid 19 lebih besar jika Anda memutuskan untuk makan di luar rumah.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru