Tips Sehat

Apa saja gejala penyakit herpes? Ini dia rinciannya

Kamis, 09 Juli 2020 | 10:18 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Apa saja gejala penyakit herpes? Ini dia rinciannya

ILUSTRASI. Penyakit herpes ditandai dengan gejala munculnya ruam kemerahan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Herpes menjadi salah satu penyakit kulit yang sering dialami. Penyakit ini disebabkan infeksi virus varicella-zoster, virus yang juga menyebabkan penyakit cacar. Nah, pertanyaan selanjutnya, apa saja gejala penyakit herpes?

Penyakit herpes ditandai dengan gejala munculnya ruam kemerahan secara berkelompok. Ruam tersebut akan menimbulkan rasa sakit dan kulit terasa seperti terbakar. Herpes muncul di bagian leher, wajah, atau bagian tubuh yang lain.

Baca Juga: Yuk, kenali jenis dan gejala penyakit auto imun

Pada umumnya, penyakit herpes bisa sembuh dalam waktu dua sampai tiga minggu. Centers for Disease Control and Prevention (cdc.gov) mengatakan bahwa satu dari tiga orang Amerika Serikat akan mengalami herpes beberapa kali selama hidupnya.

Selain muncul ruam, healthline.com juga menyebutkan bahwa penyakit herpes ditandai dengan gejala demam, sakit kepala, rasa lelah, dan otot terasa lemah. Penyakit herpes ditandai dengan gejala yang lebih parah saat menginfeksi mata seseorang dan kemampuan pendengaran berkurang.

Tahapan Penyakit Herpes

Seperti yang sudah dikatakan, saat masa awal terinfeksi, penyakit herpes ditandai dengan gejala rasa gatal dan terbakar di kulit. Healthline.com mengatakan, setelah lima hari, ruam akan mulai muncul. Gelembung-gelembung kecil yang berisi air juga muncul di ruam tersebut.

Setelah lewat 10 hari, ruam tersebut berubah menjadi kering. Namun, rasa sakit mungkin masih bisa Anda rasakan. Dilansir dari laman yang sama, rasa sakit setelah herpes kering disebut dengan postherpetic neuralgia.

Baca Juga: Apa, sih, yang harus dilakukan ketika anak diare?

Penyakit herpes yang ditandai dengan gejala tersebut bisa diatasi dengan menjaga kebersihan. Mandi menggunakan air dingin akan membuat kulit menjadi bersih dan lebih nyaman. Jangan lupa untuk mengompres ruam menggunakan kain dingin dan basah. Hal itu dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan panas yang menyerang.

Gejala yang timbul akibat penyakit herpes juga bisa Anda diatasi dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsilah makanan-makanan bergizi. Makanan yang mengandung vitamin B 12, vitamin E, dan vitamin A juga bisa dijadikan pilihan.

Jika selama kurun waktu yang telah disebutkan penyakit herpes tidak menunjukkan tanda-tanda sembuh, Anda perlu memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Dengan begitu, penanganan penyakit herpes akan lebih tepat.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru