Selain bagus untuk mata, inilah 7 manfaat wortel bagi kesehatan

Sabtu, 20 Maret 2021 | 14:50 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Selain bagus untuk mata, inilah 7 manfaat wortel bagi kesehatan

KONTAN.CO.ID - Wortel kaya akan vitamin, mineral, dan serat sehingga punya sejumlah manfaat bagi kesehatan. Sayuran ini juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

Antioksidan adalah nutrisi yang ada dalam makanan nabati. Antioksidan dapat membantu tubuh menghilangkan radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel jika terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh.

Radikal bebas dihasilkan dari proses alami dan pengaruh lingkungan. Tubuh dapat menghilangkan banyak radikal bebas secara alami, tetapi kandungan antioksidan dalam makanan dapat membantu, terutama jika kandungan oksidannya tinggi.

Lantas, apa saja manfaat wortel untuk kesehatan? 

Baca Juga: Jus wortel bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi

7 Manfaat wortel bagi kesehatan

Dirangkum dari laman Medical News Today, berikut sejumlah manfaat wortel bagi kesehatan:

1. Manfaat wortel untuk mata

Salah satu vitamin wortel adalah vitamin A. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan xerophthalmia, penyakit mata yang progresif. 

Xerophthalmia dapat menyebabkan rabun senja atau kesulitan melihat saat tingkat cahaya rendah. Selain itu, kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab utama kebutaan yang dapat dicegah pada anak-anak.

Wortel juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, dan kombinasi keduanya dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia, yakni sejenis penyakit yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

2. Mencegah kanker

Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker, menurut National Cancer Institute.

Efek antioksidan dari karotenoid makanan, pigmen organik kuning, oranye, dan merah yang ada dalam wortel dan sayuran lainnya dapat mengurangi risiko ini. Lutein dan zeaxanthin adalah dua contoh karotenoid ini.

Ada beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan memakan makanan kaya karatenoid. Di antaranya adalah kanker prostat, leukimia, kanker usus besar, dan kanker paru-paru.

Baca Juga: Wortel efektif menurunkan darah tinggi bila dikonsumsi secara rutin

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru