kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejarah dan Tema Hari Donor Darah Sedunia 2023 yang Diperingati 14 Juni


Senin, 12 Juni 2023 / 08:20 WIB
Sejarah dan Tema Hari Donor Darah Sedunia 2023 yang Diperingati 14 Juni
ILUSTRASI. Hari Donor Darah Sedunia 2023


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Hari Donor Darah Sedunia 2023 diperingati pada Rabu, 14 Juni 2023. Sejarah Hari Donor Darah Sedunia mulai diperingati pada 2004 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Tema Hari Donor Darah Sedunia 2023 adalah "Give Blood, give plasma, share life, share often". 

Artinya “Berikan darah, berikan plasma, bagikan kehidupan, bagikan secara teratur”. Hal ini fokus pada pasien yang membutuhkan dukungan transfusi darah seumur hidup. 

Serta pentingnya peran setiap orang dengan memberikan darah atau plasma yang berharga bagi orang yang membutuhkan. 

Selain itu, fokus Hari Donor Darah Sedunia 2023 juga menyoroti pentingnya memberikan darah atau plasma secara teratur untuk menciptakan pasokan darah yang aman dan selalu tersedia bagi semua pasien yang membutuhkan secara tepat waktu. 

Lantas, seperti apa sejarah Hari Donor Darah Sedunia? 

Baca Juga: Penyebab dan Cara Thalasemia Diturunkan

Sejarah Hari Donor Darah Sedunia

Sejarah Hari Donor Darah Sedunia mulai diperingati pada 2004 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menyadarkan akan perlunya donor darah untuk menyelamatkan nyawa. 

Donor darah sangat penting untuk sistem kesehatan internasional dan hanya dapat berasal dari donor darah sukarela.

Dikutip dari laman One Blood, pemilihan tanggal 14 Juni sebagai peringatan Hari Donor Darah Sedunia lantaran pada momen tersebut adalah hari ulang tahun Karl Landsteiner.

Baca Juga: Apa Itu Thalasemia? Ini Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya di Indonesia

Dr. Landsteiner memenangkan Hadiah Nobel Kedokteran pada tahun 1930 untuk penemuannya dalam mengklasifikasikan golongan darah.

Karl Landsteiner adalah orang pertama yang mengklasifikasikan darah manusia menjadi golongan A, B, AB, dan O. 

Temuannya merevolusi transfusi darah dan mengarah pada praktik transfusi darah antara orang-orang dengan golongan darah yang cocok.

Baca Juga: Penyakit Sifilis pada Bayi dan Anak: Gejala dan Cara Pencegahannya

Hal ini membantu memodernisasi dan meningkatkan keamanan transfusi darah.

Sebelum ada sistem penggolongan darah A,B, AB, dan O oleh Karl Landsteiner transfusi darah sering mengalami kendala berupa penggumpalan darah. 

Sebab pada waktu itu, dunia kedokteran belum mengetahui bahwa golongan darah tertentu hanya dapat menerima transfusi darah dari golongan darah yang sama.  

Baca Juga: Cek, 7 Sifat Golongan Darah AB dan Risiko Penyakit yang Perlu Diwaspadai

Tema Hari Donor Darah Sedunia 2023 

Dirangkum dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), tema Hari Donor Darah Sedunia 2023 adalah "Give Blood, give plasma, share life, share often". 

Arti tema Hari Donor Darah Sedunia 2023 adalah “Berikan darah, berikan plasma, bagikan kehidupan, bagikan secara teratur”.

Baca Juga: Waspadai! Ini Kebiasaan yang Meningkatkan Risiko Tertular Hepatitis

Tujuannya adalah untuk:

  • Berterima kasih kepada individu yang menyumbangkan darah dan mendorong lebih banyak orang untuk menjadi donor baru;
  • Mendorong orang yang sehat untuk mendonorkan darah secara teratur, sesering mungkin dan secara aman, untuk mengubah kualitas hidup pasien yang bergantung pada transfusi dan membantu membangun pasokan darah yang aman di semua negara di dunia;
  • Menyoroti peran penting dari kegiatan donor darah dan plasma reguler non-remunerasi sukarela dalam mencapai akses universal ke produk darah yang aman untuk semua populasi; 
  • Memobilisasi dukungan di tingkat nasional, regional, dan global di antara pemerintah dan mitra pembangunan untuk berinvestasi, memperkuat dan mempertahankan program darah nasional.

Baca Juga: Hal-hal yang Membatalkan Puasa Menurut Islam Beserta Penjelasannya

Cara merayakan atau memperingati Hari Donor Darah Sedunia 2023 yakni dengan membantu mempromosikan tema Hari Donor Darah Sedunia 2023 melalui kampanye jejaring sosial dengan mengunggah media sosial. 

Pemerintah melalui kementerian kesehatan juga bisa menyebarluaskan kisah individu-individu yang hidupnya harus bergantung pada transfusi darah.

Serta mereka yang nyawanya telah diselamatkan melalui donor darah atau plasma darah sebagai cara untuk memotivasi donor darah dan plasma.

Demikian sejarah Hari Donor Darah Sedunia dan tema Hari Donor Darah Sedunia 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×