kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,86   -7,49   -0.80%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segudang manfaat buncis, termasuk untuk kesuburan wanita


Jumat, 07 Mei 2021 / 15:52 WIB
Segudang manfaat buncis, termasuk untuk kesuburan wanita
ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat buncis.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Manfaat buncis sangat banyak. Sayur dari biji-bijian ini banyak mengandung vitamin dan mineral penting untuk kesehatan tubuh.

Buncis sendiri cukup sering dijadikan menu bagi masyarakat di Indonesia. Contohnya, lauk buncis hampir pasti dapat dengan mudah ditemui di warung makan, entah ditumis atau dijadikan lalapan.

Berikut ini manfaat buncis untuk kesehatan sebagaimana dikutip dari Medical News Today:

1. Pencegah kanker

Manfaat sayur buncis adalah dapat menjadi pencegah risiko terkena kanker sebab sayuran ini mengandung banyak klorofil. Klorofil dapat menghalangi efek karsinogenik dari amina heterosiklik yang dihasilkan saat memanggang daging pada suhu tinggi.

Orang yang terbiasa memakan makanan yang dipanggang hingga warnanya kehitaman, seperti daging panggang, harus melengkapi menu makanannya dengan sayuran hijau untuk mengurangi risiko kanker.

Baca Juga: 7 bumbu dapur yang bisa menurunkan asam urat tinggi

2. Kesuburan wanita

Bagi wanita usia subur, mengonsumsi lebih banyak zat besi dari sumber nabati seperti bayam, kacang-kacangan, labu, dan kacang hijau rupanya dapat meningkatkan kesuburan.

Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan Harvard Medical School. Penelitian lain menunjukkan korelasi antara tingkat kesuburan seorang wanita dengan jumlah kandungan zat besi yang dikonsumsinya.

Mengombinasikan makanan kaya zat besi dengan makanan kaya vitamin C seperti tomat, paprika, atau beri dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Asupan asam folat yang cukup juga dibutuhkan selama kehamilan, untuk melindungi janin dari cacat saraf.

Baca Juga: 3 Cara mudah untuk menurunkan berat badan dengan cepat

3. Obat depresi

Manfaat kacang buncis rupanya juga bisa mengobati stres atau depresi. Hal ini terkait dengan kandungan asam folat dalam kacang buncis.

Konsumsi folat yang cukup dapat mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh. Terlalu banyak homosistein dapat menghentikan darah dan nutrisi lain mencapai otak.

Kondisi ini dapat mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin yang membuat perasaan senang, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

4. Kesehatan tulang

Asupan vitamin K yang rendah sering dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Setiap 100 gram buncis menyediakan 14,4 mikrogram vitamin K, atau hampir 20 persen dari kebutuhan harian.

Penting untuk diingat bahwa bukan hanya vitamin, mineral, atau antioksidan yang membuat sayuran seperti buncis menjadi bagian penting dari makanan yang dikonsumsi.

Itulah beberapa manfaat buncis untuk kesehatan. Dengan harga yang relatif terjangkau dan tersedia dengan mudah, tak ada salahnya memasukan buncis sebagai menu harian. 

Selanjutnya: Daun alpukat efektif menurunkan asam urat tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×