kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 bumbu dapur yang bisa menurunkan asam urat tinggi


Selasa, 04 Mei 2021 / 10:50 WIB
7 bumbu dapur yang bisa menurunkan asam urat tinggi


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat bisa menyerang siapa saya, baik laki-laki dan perempuan. Apakah Anda salah satunya? Ini bumbu dapur yang bisa menurunkan asam urat tinggi. 

Asam urat, penyakit yang umum diderita masyarakat. Penyakit yang satu ini tidak menular, namun bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Kebanyakan, asam urat menyerang mereka yang menginjak usia 30 tahun. 

Baca Juga: Asam urat kumat lagi? Pare efektif menurukan asam urat tinggi

Salah satu gejala yang umum dirasakan penderita asam urat adalah rasa nyeri di salah satu bagian tubuh seperti jempol kaki. 

Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Sakti Atasi Asam Urat, karya dr. Setiawan Dalimartha, dr. Felix Adrian Dalimartha, BMedSc, penyakit asam urat muncul karena adanya peningkatan produksi dan terganggunya proses pembuangan asam urat di dalam tubuh. 

Meningkatnya produksi asam urat di dalam tubuh dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Sekedar info, beberapa makanan yang mengandung purin tinggi adalah daging, jeroan, kacang tanah, buncis, brokoli, bayam, kerang, dan keju. 
 
Penyakit asam urat harus segera ditangani. Umumnya, penderita asam urat mengonsumsi obat dari dokter untuk mengobati penyakitnya. 

Namun, tidak sedikit orang yang memilih mengonsumsi obat herbal untuk menurunkan kadar asam urat yang naik. 

Asal tahu saja, ada cukup banyak jenis obat herbal yang efektif menurunkan asam urat tinggi. 

Bahan-bahan herba penurun asam urat pun cukup mudah didapatkan. Tidak hanya itu, Anda pun bisa membuat ramuan herbalnya di rumah.

Bumbu dapur penurun asam urat tinggi 

Sudah bukan rahasia bila bumbu dapur memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan mengobati sejumlah penyakit, salah satunya asam urat. 

Berikut bumbu dapur yang efektif menurunkan asma urat tinggi. 

1. Kayu manis 

Mengutip Jurnal Fitofarmaka Indonesia Vol.5 No. 1, kayu manis mengandung segudang senyawa aktif. 

Ekstrak kulit batang kayu manis mengandung tanin dan flavonoid. Senyawa aktif tersebut berperan untuk menghambat produksi asam urat dalam tubuh. 

Anda bisa membuat obat herbal asam urat dari kayu manis di rumah. Selain 1 buah kayu manis, Anda siapkan beberapa rempah-rempah dan daun herba lainnya yakni, jahe merah 15 gram, kapulaga 5 butir, bunga cengkeh 5 gram, daun sosor bebek 4  lembar, dan air 600 ml. 
 
Anda masukkan seluruh bahan tersebut ke dalam air lalu rebus sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 300 ml. Anda minum obat herbal tersebut satu kali sehari selagi hangat. 

2. Kunyit 

Melansir dari Nakita.Grid.id, kunyit mengandung kurkumin yang efektif meredakan asam urat. 

Untuk merasakan khasiatnya, Anda cukup seduh satu sendok teh bubuk kunyit dengan segelas air hangat. Anda minum air kunyit tersebut dua kali sehari. 
 
Opsi lainnya Anda masukkan 250 mg bubuk kunyit ke dalam kapsul. Anda minum kunyit kapsul tersebut tiga kali sehari. 

3. Bawang putih 

Mengutip dari buku berjudul Penyakit Asam Urat Kandas Berkat Herbal, bawang putih mengandung antioksidan yang bisa membantu menurunkan asam urat tinggi. 

Melansir dari Tribunnews.com, Anda cukup mengonsumsi tiga siung bawang putih mentah setiap hari untuk menurunkan asam urat tinggi. 

4. Merica 

Selain jadi bumbu masakan, lada juga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Salah satunya, lada efektif mengobati asam urat. 

Melansir dari buku berjudul 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, lada mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, dan minyak atsiri. 

Anda ingin merasakan manfaatnya? 

Anda siapkan merica 5 gram, jahe 10 gram, jahe merah 10 gram, kayu manis 1 jari, biji pala 5 gram, kapulaga 5 butir, cengkeh 5 butir, ubi jalar merah 200 gram, gula merah secukupnya, air 1 liter. 
 
Anda cuci semua bahan sampai bersih. Setelah itu, Anda rebus semua bahan sampai mendidih dan menyisahkan air sebanyak 500 ml. 

Anda bagi dua air rebusan tersebut sama banyak. Anda minum air rebusan merica dan rempah-rempah lainnya dua kali sehari dan makan ubi jalarnya.

5. Daun salam

Daun salam mengandung vitamin C, vitamin A, dan asam folat yang baik untuk kesehatan tubuh. Daun salam dipercaya ampuh menurunkan asam urat tinggi. 

Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup rebus 10-25 lembar daun salam dengan tiga gelas air. Anda rebus daun salam sampai menyisahkan segelas air. 

Anda minum setengah gelas air rebusan daun salam dua kali sehari secara rutin. 

6. Kapulaga 

Melansir dari buku berjudul Penyakit Asam Urat Kandas Berkat Herbal, kapulaga mengandung minyak atsiri, saponin, flavonid, mangan, pati, protein, polifenol, lemak, dan silikat. 

Saponin dan flavonid dalam kapulaga bermanfaat menurunkan asam urat. 

7. Jahe 

Melansir dari Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, Volume 9, Nomor 1, Juni 2020, jahe mengandung enzim siklo-oksigenasi yang bisa mengurangi peradangan. 

Selain itu, jahe memiliki sensasi rasa panas dan pedas yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan nyeri. 

Untuk membuat kompres jahe ini cukup mudah. Anda cukup sediakan air hangat dan jahe yang sudah diparut. 

Anda masukkan parutan jahe ke dalam air hangat dan aduk sampai larut. Setelah itu, Anda masukkan selembar kain ke dalam air hangat tersebut. Anda kompreskan kain tersebut di bagian yang terasa nyeri.  

Anda bisa memilih salah satu dari ketujuh bumbu masak di atas untuk dikonsumsi secara rutin. 

Sekedar mengingatkan, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi selama proses pengobatan. Hal ini penting, agar kadar asma urat dalam tubuh segera mendekati nilai normal. 

Baca Juga: Cabai rawit bisa meredakan nyeri dan bengkak karena asam urat tinggi

Selanjutnya: 3 Manfaat kulit petai untuk kesehatan: mengobati impotensi sampai asam urat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×