Tips Sehat

Rutin jalan kaki bisa perperpanjang usia, benarkah?

Senin, 13 April 2020 | 14:34 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Rutin jalan kaki bisa perperpanjang usia, benarkah?

ILUSTRASI. Siluet atlet jalan cepat Indonesia, Hendro, bertanding pada final jalan cepat 20.000 meter putra SEA Games XXIX di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (22/8). Hendro berhasil menyabet emas dengan catatan waktu satu jam 32 menit 11 detik. A


KONTAN.CO.ID -  Ingin berumur panjang agar bisa melihat perkembangan cucu? Anda sebaiknya rutin jalan kaki. Berdasarkan penelitian, jalan kaki bisa memperpanjang usia Anda.   

Penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health and the Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa rutin jalan kaki dengan kecepatan teratur bisa memperpanjang usia seseorang. 

Baca Juga: Tidak ingin terkena stroke? begini cara pencegahannya

Dalam proses penelitian, para ahli mengamati 4.840 orang dewasa berusia 40 tahun ke atas yang menggunakan alat pelacak selama tujuh hari. Para peneliti melakukan proses pengamatan tersebut pada tahun 2003 dan 2006 di Amerika. 

Para peneliti mengikuti perkembangan para peserta sampai tahun 2015 menggunakan National Death Index. 

Hasilnya, seseorang yang berjalan 8.000 langkah perhari memiliki risiko kematian 51% lebih rendah dari penyebab apapun dibanding dengan mereka yang berjalan 4.000 langkah per hari. 

Sedangkan, seseorang yang berjalan 12.000 langkah per hari memiliki risiko kematian 65% lebih rendah dari pada seseorang yang berjalan 4.000 langkah per hari. 

Sekedar info, penelitian tersebut telah dipublikasikan di dalam Journal of American Medical Association pada 24 Maret 2020. 

Pedro Saint Maurice PhD, penulis penelitian ini mengatakan aktivitas fisik memang baik untuk tubuh seseorang, namun mereka tidak bisa mengetahui jumlah langkah kaki yang harus Anda lakukan setiap hari untuk menurunkan risiko kematian. 

American Cancer Society merekomendasikan orang dewasa untuk melakukan aktivitas sedang (jalan kaki) sekitar 150 menit atau berlari sekitar 75 menit dalam seminggu. 

Aktivitas tersebut bisa membuat berat badan ideal dan menguatkan otot tubuh Anda. Tidak hanya itu, aktivitas fisik tersebut bisa menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kanker dan jantung. 

Baca Juga: Mandi air dingin bisa meningkatkan daya tahan tubuh, begini analisanya

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru