Rekomendasi Makanan Penurun Kolesterol untuk Usia 50 Tahun Ke Atas

Kamis, 24 Februari 2022 | 12:30 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Makanan Penurun Kolesterol untuk Usia 50 Tahun Ke Atas

ILUSTRASI. Makanan penurun kolesterol untuk usia di atas 50 tahun.


KONTAN.CO.ID - Jika Anda mengidap kolesterol tinggi di usia 50 tahun ke atas, sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan. Nah, berikut ini makanan penurun kolesterol untuk usia di atas 50 tahun.

Metabolisme di usia 50 tahun ke atas cenderung menurun dan perlu memperbanyak konsumsi makanan penurun kolesterol jahat. 

Kolesterol sebetulnya merupakan senyawa yang dibutuhkan tubuh. Namun, jika kadar kolesterol melebihi normal, akan meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit serius, salah satunya serangan jantung. 

Apalagi, usia di atas 50 tahun, risiko munculnya penyakit akibat kolesterol menjadi lebih tinggi. Kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya usia, merokok, minum alkohol, obesitas, dan kebiasaan buruk lainnya. 

Menjaga pola makan merupakan salah satu solusi menghindari dan menurunkan kolesterol tinggi. Mulailah dari sekarang mengonsumsi makanan sehat yang bisa menurunkan kolesterol, agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit. 

Baca Juga: 5 Penyebab Buang Air Besar Berdarah yang Harus Diwaspadai

Melansir dari Eat This, terdapat rekomendasi makanan penurun kolesterol bagi Anda yang sudah menginjak usia 50 tahun ke atas: 

1. Makanan berserat 

Rekomendasi makanan penurun kolesterol pertama bagi Anda yang berusia 50 tahun ke atas adalah makanan berserat tinggi. Contohnya, Anda bisa memakan oatmeal, buah-buahan, kacang-kacangan, dan makanan berserat lainnya. 

2. Makanan berlemak sehat

Menurut Courtney D'Angelo, MS, RD, penulis di Go Wellness, salah satu kebiasaan makan terbaik untuk menurunkan kolesterol Anda setelah 50 tahun adalah mengganti lemak tidak sehat dengan yang lebih sehat.

Anda bisa menemukan lemak sehat di minyak zaitun, daging tanpa lemak, kacang, alpukat, dan masih banyak lagi pilihan makanan lain.

 

Baca Juga: 6 Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Makanan Ringan yang Perlu Diwaspadai

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru