5 Penyebab Buang Air Besar Berdarah yang Harus Diwaspadai

Kamis, 24 Februari 2022 | 09:45 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Penyebab Buang Air Besar Berdarah yang Harus Diwaspadai

ILUSTRASI. Ilustrasi buang air besar berdarah.


KONTAN.CO.ID - Buang air besar (BAB) berdarah adalah salah satu tanda terjadi masalah atau gangguan kesehatan khususnya pencernaan. Penyebab buang air besar berdarah bisa disebabkan oleh banyak faktor. 

Biasanya saat buang air besar berdarah, warna tinja bisa dijadikan tanda untuk mengetahui asal pendarahan. Ada tinja yang berwarna merah segar, merah gelap dan merah hitam. 

Setiap orang mengalami hal yang berbeda-beda, namun jika setelah buang air besar berdarah timbul gejala lain yang lebih parah, segera untuk memeriksanya ke dokter. Jika sudah ditangani oleh pihak medis penyebabnya akan segera ditemukan dan diatasi. 

Baca Juga: 6 Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Makanan Ringan yang Perlu Diwaspadai

Melansir dari Medicine Net, ada beberapa penyebab buang air besar berdarah yang mungkin Anda alami. Di antaranya sebagai berikut: 

1. Ambeien

Penyebab buang air besar berdarah adalah ambeien. Pasalnya, ambeien adalah kondisi sekitar anus mengalami pembengkakan hingga pendarahan.

Ambien merupakan salah satu penyakit yang cukup dialami banyak orang. Namun, biasanya pendarahan tidak berlangsung lama. 

2. Divertikulitis 

Divertikulitis juga bisa menjadi kemungkinan penyebab buang air besar berdarah. Hal tersebut dikarenakan terjadi peradangan di divertikula yang berada di saluran pencernaan. 

3. Masalah Pencernaan 

Ada masalah pada sistem pencernaan juga bisa membuat tinja mengeluarkan darah. Untuk memastikan masalah apa yang Anda alami segera cek ke dokter atau tenaga media terdekat. 

Baca Juga: 6 Tips Menanam Tomat dalam Ruangan, Efektif Tumbuh Subur!

4. Fisura Ani 

Penyebab buang air besar berdarah lainnya bisa disebabkan oleh Fisura Ani. Kondisi ini merupakan luka yang berada di sekitar anus. 

Selain menyebabkan buang air besar berdarah, fisura ani juga menimbulkan rasa sakit yang membuat tidak nyaman. 

5. Polip dan Kanker

Polip dan Kanker juga bisa menjadi penyebab buang air besar berdarah. Jika kondisi ini dibiarkan, pendarahan akan semakin parah. 

Segera untuk melakukan pemeriksaan ke dokter  jika Anda mengalami pendarahan yang lumayan parah agar kondisi bisa segera membaik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru