Rekomendasi 5 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Rendah

Kamis, 01 September 2022 | 11:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi 5 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Rendah

ILUSTRASI. Minum air putih adalah salah satu makanan yang sangat perlu dikonsumsi penderita tekanan darah rendah.


KONTAN.CO.ID - Penderita darah rendah kerap menimbulkan gejala-gejala yang dapat mengganggu aktivitas. Salah satu cara untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menjaga asupan makanan. Ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi penderita tekanan darah rendah.

Pasalnya, asupan makanan sangat penting bagi penderita tekanan darah rendah. Hal tersebut dilakukan agar bisa sesegera mungkin mencapai tekanan darah normal dan sembuh. 

Normalnya, tekanan darah seseorang berkisar di angka 120/80 mmHg. Jika Anda mengalami tekanan darah rendah, akan muncul gejala seperti pusing, mual, mudah lelah, pandangan kabur dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Obat Sinusitis Alami Ampuh dan Mudah Untuk Didapatkan, Mau Coba?

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kenali beberapa makanan untuk penderita darah rendah ini yang dilansir dari Only My Health, di antaranya: 

1. Air Putih 

Perlu anda ketahui, mengkonsumsi air putih merupakan yang penting bagi penderita tekanan darah rendah. Pasalnya, salah satu penyebab tekanan darah rendah adalah dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan. Oleh karena itu minum air putih setidaknya 2 liter sehari. 

2. Telur

Telur juga termasuk ke dalam daftar makanan yang cocok untuk penderita tekanan darah rendah. Telur mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Salah satu nutrisi yang terkandung dalam telur adalah vitamin B12. Nutrisi tersebut berperan untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan, Baik Untuk Pencernaan Hingga Jantung

3. Jus Anggur 

Jus anggur rasanya sangat cocok bagi penderita tekanan darah rendah. Hal tersebut dikarenakan mengkonsumsi jus anggur dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Serta mempunyai rasa yang cukup lezat. 

4. Kafein 

Mengkonsumsi kafein adalah salah satu cara untuk meningkatkan tekanan darah. Ada cukup banyak makanan yang mengandung kafein seperti cokelat hitam, teh, kopi dan berbagai macam makanan yang mengandung kafein lain cocok untuk penderita tekanan darah rendah. Meski demikian, jangan mengkonsumsi kafein secara berlebihan juga.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Leicester vs Man United Tayang 02.00 WIB

5. Makanan Manis 

Melansir dari Only My Health, berbagai jenis makanan manis cocok untuk dikonsumsi penderita tekanan darah rendah. Hal tersebut dikarenakan mengkonsumsi makanan manis dapat meningkatkan jumlah asam urat. 

Penambahan asam urat tersebut berperan untuk meningkatkan tekanan darah. Namun, jangan berlebihan mengkonsumsi makanan manis tersebut jika tidak ingin menimbulkan efek samping. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru