Rekomendasi 4 makanan yang mengandung kolagen

Kamis, 07 Januari 2021 | 10:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Rekomendasi 4 makanan yang mengandung kolagen

ILUSTRASI. Daging ayam adalah salah satu makanan yang mengandung kolagen. KONTAN/Fransiskus Simbolon/13/08/2020

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring bertambahnya usia, kulit Anda memproduksi kolagen yang lebih sedikit. Hasilnya, struktur dan elastisitas kulit menjadi terganggu. Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen supaya kesehatan kulit Anda tetap terjaga.

Anda memang bisa menambah produksi kolagen dengan minum suplemen. Namun, hal tersebut tak cukup aman untuk dilakukan dalam jangka waktu panjang. Alih-alih minum suplemen penambah kolagen, Anda bisa menggantinya dengan jenis makanan tertentu.

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan produksi kolagen juga dapat membentuk asam amino yang dibutuhkan kulit. Dengan begitu, kondisi kulit yang Anda inginkan menjadi lebih mudah tercapai.

Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kondisi kulit Anda. Misalnya, ayam, telur, buah, dan lain sebagainya. Tak hanya merawat kulit, mengolah makanan tersebut dengan cara yang benar juga mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 buah-buahan tropis yang memiliki manfaat bagus bagi kesehatan

Ayam

Ayam adalah salah satu pilihan makanan yang mengandung kolagen. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tulang rawan dan leher ayam berguna sebagai sumber kolagen untuk pengobatan para penderita penyakit artritis.

Putih Telur

Mengutip dari Healthline, telur memang tak memiliki banyak jaringan ikat atau connective tissue seperti makanan hewani lainnya. Namun, bahan makanan tersebut mengandung banyak asam amino yang berguna untuk memproduksi kolagen dalam tubuh Anda.

Buah Sitrus

Salah satu makanan yang mengandung kolagen adalah jeruk.

Makanan yang mengandung kolagen selanjutnya adalah buah sitrus, seperti jeruk atau lemon. Vitamin C dalam buah tersebut mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga mencukupi kebutuhan vitamin C tiap hari penting untuk Anda lakukan.

Tak hanya mengandung vitamin C yang berpengaruh pada produksi kolagen, jenis buah tersebut juga memiliki banyak nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Cobalah untuk mengonsumsi buah sitrus secara rutin supaya manfaat itu bisa Anda rasakan.

Baca Juga: Sayuran yang mengandung zat besi ini bisa mengatasi kurang darah

Buah Beri

Selain buah sitrus, kebutuhan kolagen Anda bisa tercukup ketika Anda mengonsumsi buah beri secara rutin. Salah satu jenis buah beri, yaitu stroberi, memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak daripada jeruk.

Jenis buah beri lainnya juga mengandung vitamin C yang cukup banyak pula. Tak berhenti sampai di situ, buah beri kaya akan antioksidan yang bisa menjaga kulit dari kerusakan dan penyakit.

Selanjutnya: Ingin menurunkan berat badan? Yuk, coba makanan berserat ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru