Kesehatan Umum

Ingin menurunkan berat badan? Yuk, coba makanan berserat ini

Rabu, 06 Januari 2021 | 08:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ingin menurunkan berat badan? Yuk, coba makanan berserat ini

ILUSTRASI. Alpukat adalah salah satu makanan berserat tinggi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tubuh membutuhkan makanan berserat untuk berbagai macam hal. Mulai dari menjaga kesehatan sistem pencernaan, membuat Anda merasa kenyang lebih lama, hingga membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Anda akan mengalami banyak masalah jika tidak mencukupi kebutuhan serat sehari-hari. Misalnya, energi menjadi berkurang, risiko diabetes meningkat, bahkan berat badan pun sulit turun. Maka dari itum usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat secara rutin.

Mengutip dari Eat This, Not That! (eatthis.com), serat bisa terpecah menjadi dua jenis, yaitu serat larut dan serat tak larut. Serat larut mampu memperlambat proses pencernaan sehingga jumlah gula darah menjadi lebih terkontrol dan Anda bisa kenyang lebih lama.

Sedangkan serat tak larut membantu pergerakan makanan dalam sistem pencernaan sehingga lebih mudah dikeluarkan dalam bentuk feses. Ada banyak jenis makanan yang bisa memenuhi kebutuhan serat Anda.

Baca Juga: Ingin menurunkan berat badan? Coba 5 makanan untuk diet terbaik ini, yuk

Chia Seed

Chia seed adalah makanan berserat pertama yang bisa Anda jadikan pilihan. Anda bisa mendapat 8.3 g serat dalam 24 g chia seed. Cobalah untuk mencampurnya dengan yogurt, smoothie, atau salad yang Anda konsumsi supaya kebutuhan serat bisa terpenuhi.

Raspberi

Eat This mengatakan bahwa salah satu jenis buah beri, yaitu raspberi, cocok jadi sumber serat yang bisa Anda konsumsi. Dalam segelas raspberi, terdapat 8 g serat yang siap memberikan manfaat. Selain itu, raspberi juga dipenuhi antioksidan yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Blackberi

Selain raspberi, blackberi juga jadi makanan berserat selanjutnya yang patut Anda coba. Segelas blueberi mengandung sekitar 8 g serat di mana jumlah tersebut lebih tinggi dibanding stroberi dan bluberi. Anda bisa mengonsumsi jenis buah tersebut sebagai camilan di antara jadwal makan besar.

Baca Juga: Yuk, coba 4 makanan untuk diet terbaik ini

Alpukat

Anda bisa mendapat 10 g hingga 13 g serat dalam sebuah alpukat. Jumlah tersebut mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tak berhenti sampai di situ, alpukat bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. Mulai dari dimakan langsung, mencampurnya dengan roti panggang atau salad, dan lain-lain.

Pisang

Pisang adalah makanan berserat lainnya yang bisa Anda coba.

Buah lainnya yang bisa memenuhi kebutuhan serat Anda adalah pisang. Dengan mengonsumsi buah pisang berukuran sedang, Anda bisa mendapat 3.1 g serat. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan potasium yang tinggi sehingga tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Selanjutnya: Ingin berat badan turun? Coba makan malam untuk diet ini

Editor: Belladina Biananda


Terbaru