Tips Sehat

Ingin menurunkan berat badan? Coba 5 makanan untuk diet terbaik ini, yuk

Rabu, 23 Desember 2020 | 10:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ingin menurunkan berat badan? Coba 5 makanan untuk diet terbaik ini, yuk

ILUSTRASI. Kentang adalah salah satu makanan untuk diet yang bisa Anda konsumsi. ANTARA FOTO/Aji Styawan/ama.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara menurunkan berat badan yang bisa Anda laukan. Namun, salah satu hal terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah makanan untuk diet apa yang Anda konsumsi sehari-hari. Dengan mengonsumsi jenis makanan berikut, diharap proses diet Anda menjadi lebih efektif.

Selai Kacang

Jika Anda ingin mengonsumsi camilan selama program diet, selai kacang bisa dijadikan pilihan. Mengutip Good House (goodhousekeeping.com), selai kacang mengandung 8 g protein dan 4 g serat. Kandungan itu mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Menurut sebuah penelitian, banyak orang yang lebih puas mengonsumsi selai kacang daripada camilan lain selama diet. Namun, pastikan untuk melihat label komposisi selai kacang yang Anda pilih, ya. Jangan sampai ada terlalu banyak pemanis tambahan yang justru tak baik untuk kesehatan Anda.

Labu

Makanan untuk diet selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah labu. Jenis sayur ini mengandung lebih banyak serat daripada quinoa. Tak hanya itu, labu juga mudah diolah menjadi berbagai macam hidangan yang bisa Anda konsumsi.

Baca Juga: 5 Makanan yang mengandung karbohidrat, tapi tetap sehat

Bila Anda ingin mengolah labu menjadi camilan, cobalah untuk mencampurnya dengan yogurt greek, kayu manis, dan beberapa potong buah pir. Usahakan untuk memakai yogurt greek tanpa pemanis buatan agar berat badan Anda berhasil turun.

Tuna

Tuna adalah salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan penting yang dibutuhkan tubuh saat menurunkan berat badan. Makanan untuk diet ini mengandung banyak protein dan asam lemak omega-3 yang mampu membuat Anda kenyang lebih lama.

Salmon

Selain tuna, Good House mengatakan bahwa salmon juga bisa jadi sumber makanan lain yang bisa dikonsumsi selama diet. Jenis ikan ini mengandung mineral dan asam lemak tak jenuh tunggal yang berguna untuk tubuh.

Baca Juga: Inilah daftar jus untuk diet yang perlu Anda coba

Menurut sebuah penelitian, vitamin D dalam salmon terbukti efektif mengontrol berat badan seseorang yang menderita obesitas. Tak hanya itu, salmon juga mengandung vitamin B6 yang bisa membuat mood lebih baik dan mengurangi stres yang Anda rasakan.

Kentang

Kentang tidak boleh terlewatkan dalam daftar makanan untuk diet. Sumber makanan ini mengandung banyak serat dan potasium yang bisa membuat Anda kenyang dan mencegah perut kembung. Namun, pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang benar supaya manfaat itu bisa Anda dapat.

Selanjutnya: 5 Makanan berserat ini perlu Anda konsumsi secara rutin

Editor: Belladina Biananda
Terbaru