kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Makanan berserat ini perlu Anda konsumsi secara rutin


Selasa, 22 Desember 2020 / 10:44 WIB
5 Makanan berserat ini perlu Anda konsumsi secara rutin
ILUSTRASI. Brokoli jadi salah satu makanan berserat yang bisa Anda konsumsi.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda perlu mengonsumsi makanan berserat untuk memperlancar buang air besar. Dengan begitu, kesehatan sistem pencernaan Anda akan terjaga. Ada banyak sumber makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat Anda sehari-hari.

Brokoli

Brokoli adalah jenis sayur dari genus yang sama dengan kale dan kubis. Dalam segelas brokoli, Anda bisa mendapat 5 g serat. Tak hanya itu, ada banyak nutrisi lain yang terkandung dalam brokoli untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Serat dalam brokoli bermanfaat untuk bakteri yang ada di usus. Jika kondisi bakteri usus baik, keseimbangan dan kesehatan sistem pencernaan Anda pun akan tetap terjaga. Cobalah untuk mengonsumsi brokoli secara rutin supaya manfaat itu bisa Anda rasakan.

Buah Beri

Makanan berserat lain yang bisa Anda konsumsi adalah buah beri. Mengutip dari Benefiber (benefiber.com), satu gelas bluberi mengandung 4 g serat. Selain bluberi, raspberi, blackberry, dan stroberi juga mengandung banyak serat.

Baca Juga: Rekomendasi makanan dan minuman untuk penderita asam urat

Karena kandungan serat yang cukup banyak, buah beri cocok dikonsumsi selama program diet karena bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Tak hanya itu, buah beri juga mengandung banyak antioksidan dan sedikit kalori sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Alpukat

Jika Anda mencari makanan dengan kandungan serat tinggi, alpukat adalah jawabannya. Dalam satu gelas alpukat, Anda bisa mendapat 10 g serat. Manfaat kandungan itu masih bisa dimaksimalkan karena banyaknya lemak sehat yang ada dalam alpukat.

Apel

Apel adalah salah satu makanan berserat yang bisa Anda konsumsi.

Makanan berserat selanjutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah apel. Sama seperti bluberi, apel mengandung sekitar 4 g serat. Namun, jumlah itu bisa bereda tergantung pada ukuran apel yang Anda konsumsi.

Selain memiliki banyak serat, kandungan nutrisi dalam apel juga bisa memberikan manfaat yang lain. Benefiber menyebutkan, mengonsumsi apel secara rutin dapat menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh dan menjaga kesehatan arteri.

Baca Juga: Ingin menurunkan berat badan? Coba 4 resep salad buah ini, yuk

Kentang

Kentang tidak boleh terlewat dari sumber makanan yang mengandung banyak serat. Anda bisa mendapat 3 g serat dari kentang kecil. Namun, Anda perlu memerhatikan proses pembuatan kentang yang Anda konsumsi.

Usahakan untuk tidak makan kentang yang diolah dengan banyak garam, seperti kentang goreng. Jika Anda mengonsumsi kentang dengan cara yang sehat, tak hanya rasa kenyang yang Anda dapat, tapi kesehatan dinding usus pun terjaga dari zat kimia berbahaya yang masuk ke tubuh.

Selanjutnya: Inilah 4 makanan pemicu kanker, bijaklah dalam konsumsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×