kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Makanan yang mengandung karbohidrat, tapi tetap sehat


Jumat, 18 Desember 2020 / 08:21 WIB
5 Makanan yang mengandung karbohidrat, tapi tetap sehat


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang membutuhkan asupan makanan yang mengandung karbohidrat supaya tubuh berenergi dan mampu menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, jika jumlahnya berlebihan, tubuh Anda akan mengalami obesitas. Berikut ini beberapa jenis makanan bekarbohidrat, tapi tetap sehat untuk dikonsumsi.

Oatmeal

Oatmeal adalah makanan gandum utuh yang mengandung banyak nutrisi, mineral, dan vitamin. Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa terdapat 66% karbo dan 11% serat dalam oatmeal. Kandungan itu masih didukung dengan adanya protein.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi oatmeal bisa menurunkan jumlah gula darah dalam tubuh. Jadi, jenis makanan ini cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes secara rutin. Tak hanya itu, mengonsumsi oatmeal juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga cocok dikonsumsi ketika diet.

Pisang

Selanjutnya, makanan yang mengandung karbohidrat adalah pisang. Dalam sebuah pisang, terdapat 23% karbo, potasium, vitamin B6, dan vitamin C. Sama seperti oatmeal, pisang juga cocok dikonsumsi penderita diabetes karena mengandung banyak potasium yang mampu menurunkan gula darah.

Baca Juga: 8 Manfaat tomat untuk kesehatan tubuh Anda

Tak hanya itu, potasium dalam pisang juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Mengutip dari Healthline, pisang mentah mengandung pektin yang cukup banyak. Kandungan itu baik untuk bakteri yang ada di usus sehingga kesehatan sistem pencernaan Anda menjadi terjaga.

Jeruk

Selain mengandung banyak vitamin C, Anda juga bisa mendapat karbo dari jeruk. Jenis buah ini mengandung 11% karbo, potasium, beberapa vitamin B, asam sitrat, dan antioksidan. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat ini.

Pertama, mengonsumsi jeruk secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah munculnya batu ginjal. Kedua, kandungan dalam jeruk mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi sehingga anemia bisa Anda hindari.

Baca Juga: 8 Manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh Anda

Apel

Sumber makanan berkarbohidrat selanjutnya yang bisa Anda konsumsi adalah apel. Anda bisa mendapat karbohidrat sebanyak 11% hingga 15% dari mengonsumsi jenis buah ini. Dengan mengonsumsi apel, risiko penyakit jantung, kanker, dan gula darah berlebih bisa Anda hindari.

Anggur

Anda bisa mengonsumsi anggur sebagai makanan yang mengandung karbohidrat.

Tak hanya mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, Anggur juga memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 9%. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi anggur. Mulai dari menurunkan berat badan dan jumlah kolesterol serta mencegah batu ginjal.

Selanjutnya: Coba konsumsi 4 buah ini untuk atasi asam lambung Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×