Tips Sehat

Sayuran yang mengandung zat besi ini bisa mengatasi kurang darah

Selasa, 05 Januari 2021 | 12:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sayuran yang mengandung zat besi ini bisa mengatasi kurang darah

ILUSTRASI. Bayam adalah salah satu sayuran yang mengandung zat besi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurang darah atau anemia adalah salah satu penyakit yang menyebabkan penderitanya sering pusing, kekurangan energi, hingga pingsan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi sayuran yang mengandung zat besi.

Ada dua jenis zat besi yang bisa Anda konsumsi, yaitu heme dan non heme. Heme adalah jenis zat besi yang terdapat pada sumber makanan hewani, sedangkan zat besi non heme berasal dari tumbuhan. Meski kebutuhan zat besi tiap orang berbeda-beda, usahakan untuk mengonsumsi 18 mg zat besi per hari.

Jika hal tersebut tak Anda lakukan, penyakit anemia yang Anda miliki bisa semakin parah. Oksigen tidak mampu terdistribusi dengan baik karena jumlah darah dalam tubuh yang terbatas. Jika demikian, gejala anemia dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa zat besi non heme tidak mudah terserap tubuh. Jadi, jika Anda adalah seorang vegan, Anda perlu mengonsumsi sayur dengan zat besi 1.8 kali lebih banyak. Ada banyak pilihan sayur yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Catat, inilah daftar buah dan sayur yang baik untuk ibu hamil

Sayuran Hijau

Sayuran yang mengandung zat besi pertama untuk Anda coba adalah sayuran hijau, seperti bayam. Dalam segelas sayuran hijau yang sudah dimasak, Anda bisa mendapat 2.5 – 6.4 mg zat besi. Jumlah tersebut tiga kali lebih besar dari kandungan zat besi dalam 100 g telur rebus.

Kentang

Kentang adalah salah satu bahan alami yang mengandung zat besi tinggi, apalagi di bagian kulitnya. Mengutip dari Healthline, 295 g kentang yang kulitnya belum dikupas mengandung 3.2 mg zat besi. Selain memenuhi kebutuhan zat besi, kentang juga mampu menyediakan vitamin C, potasium, dan vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: ​Kaya vitamin esensial, ini 10 manfaat pisang untuk ibu hamil

Jamur

Beberapa jenis jamur, misalnya jamur kancing, bisa jadi salah satu sumber zat besi yang cocok dikonsumsi oleh penderita anemia. Segelas jamur kancing yang sudah dimasak mengandung 2.7 mg zat besi sehingga mampu memenuhi 15% kebutuhan zat besi harian Anda.

Tomat

Salah satu sayuran yang mengandung zat besi adalah tomat.

Tomat termasuk dalam sayuran yang mengandung zat besi. Namun, Anda perlu mengeringkannya terlebih dahulu supaya jumlah zat besinya meningkat. Anda bisa mendapat 1.3 – 2.5 mg zat besi dari setengah gelas tomat kering.

Selanjutnya: Rekomendasi makanan tinggi protein untuk dikonsumsi sehari-hari

Editor: Belladina Biananda


Terbaru