Rebusan Daun Apa Saja untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi? Cek Juga Makanan Pantangan

Rabu, 16 November 2022 | 04:55 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Rebusan Daun Apa Saja untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi? Cek Juga Makanan Pantangan

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Rebusan daun apa saja untuk menurunkan kolesterol tinggi? Selain minum rebusan daun, patuhi juga makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol.

Rebusan daun tertentu adalah obat herbal untuk menurunkan kolesterol tinggi. Rebusan daun untuk menurunkan kolesterol ini bisa menjadi alternatif selain konsumsi obat dokter.

Namun, sebelum minum rebusan daun untuk menurunkan kolesterol tinggi, lebih baik konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pasalnya, air rebusan daun untuk menurunkan kolesterol tinggi ini juga bisa menimbulkan efek samping.

Dilansir dari Kompas.com, berikut rebusan daun untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi:

1. Daun alpukat

Rebusan daun untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi yang pertama adalah daun alpukat. Sebuah penelitian berjudul Combination Effect of The Extract of Avocado Leaf and Seed (Persea americana) on Level of Total Cholesterol, LDL, and HDL in Mice (Mus musculus) with Hypercholesterolemia 2019 menyebutkan bahwa air rebusan daun alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Studi tersebut menganalisis pengaruh pemberian ekstrak daun alpukat dan biji alpukat dalam bentuk kombinasi terhadap kolesterol total, LDL, dan HDL pada tikus hiperkolesterolemia yang diinduksi diet tinggi lemak dan kuning telur bebek. Hasilnya, kombinasi ekstrak daun dan biji alpukat (CALSE) pada semua kelompok perlakuan terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL.

Baca Juga: Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul di Kaki, Jangan Abaikan

2. Daun kelor

Rebusan daun untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi yang kedua adalah daun kelor. Dilansir dari Kompas.com (19/3/2022), sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa rutin mengonsumsi daun kelor dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Daun kelor mengandung lemak dalam kadar yang sangat rendah dan tidak memiliki kolesterol berbahaya. Selain itu, daun berkhasiat satu ini juga kaya akan senyawa yang menyehatkan. Kandungan daun kelor antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, folat, kalsium, kalium, besi, magnesium, fosfor, dan seng.

3. Daun sirih

Rebusan daun untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi yang ketiga adalah daun sirih. Diberitakan oleh Kompas.com (31/10/2022), daun sirih juga mampu membantu menurunkan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Sejumlah studi menemukan bahwa manfaat daun sirih dapat membantu menurunkan level kolesterol total, trigiserida, dan LDL. Tidak hanya itu, daun sirih juga membantu meningkatkan kadar high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

4. Daun sirsak

Rebusan daun untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi yang keempat adalah daun sirsak. Penelitian berjudul Potensi Ekstrak Air Daun Sirsak Sebagai Penurun Kolesterol dan Pengendali Bobot Badan 2016 menunjukkan adanya keterkaitan antara konsumsi air rebusan daun sirsak dengan penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa ekstrak air daun sirsak memiliki efek mengendalikan berat badan dan kolesterol darah. Efek terhadap kolesterol darah serupa dengan simvastatin, karena ekstrak air daun sirsak mengandung flavonoid yang mempunyai efek menghambat enzim HMG CoA reduktase, serupa dengan mekanisme kerja simvastatin dalam menurunkan kadar kolesterol darah.

5. Daun salam

Rebusan daun untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi yang kelima adalah daun salam. Dilansir dari KompasTV, Pusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika (NCBI) menyatakan bahwa daun salam mengurangi glukosa serum, kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL pada penderita diabetes tipe 2.

Zat-zat yang terkandung dalam daun salam tersebut dapat memberi efek antidiabetik, antihypertensive, antioksidan, antikolesterol, dan antitumor. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara merebus 20 gram daun salam di dalam 400 ml air di dalam panci infus selama 15 menit. Rebusan daun salam efektif menurunkan kolesterol dalam darah.

6. Daun kari

Rebusan daun untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi yang keenam adalah daun kari. Kontan.co.id memberitakan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Chinese Medicine menunjukkan bahwa ekstrak daun kari berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dan gula darah.

Namun, penelitian tersebut dilakukan pada tikus yang menderita diabetes. Peneliti memberikan tikus suntikan ekstrak daun kari intraperitoneal setiap hari selama 10 hari.

Hasilnya, ekstrak daun kari secara signifikan menurunkan kolesterol dan gula darah. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat air rebusan daun kari untuk kolesterol pada manusia.

Baca Juga: 4 Cara Alami untuk Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat Tinggi

7. Daun kumis kuncing

Rebusan daun untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi yang ketujuh adalah daun kumis kucing. Air rebusan daun kumis kucing dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Daun ini mengandung flovanoid yang berperan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

8. Daun serai

Rebusan daun untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi yang kedelapan adalah daun serai. Artikel dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research membuktikan bahwa mengonsumsi ekstrak serai dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Kendati demikian, penelitian ini berbasis pada hewan dan belum ada studi lebih lanjut mengenai manfaat serai untuk kolesterol pada manusia. Itulah beberapa jenis air rebusan daun yang bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi

Selain minum air rebusan daun, penderita kolesterol tinggi juga tidak boleh makan makanan tertentu. Diberitakan Kontan.co.id, berikut daftar makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi:

Jeroan

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi yang pertama adalah jeroan. Jeroan, seperti hati, memang berguna untuk tubuh karena mengandung banyak zat besi.

Sayangnya, jenis makanan itu juga memiliki banyak kolesterol sehingga tak baik untuk Anda konsumsi terlalu sering. Alih-alih mengonsumsi jeroan, pilihlah sumber zat besi lain yang lebih sehat.

Kerang

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi yang kedua adalah kerang. Melansir The Street, kerang termasuk salah satu jenis makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Apalagi, jika Anda menderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Burger

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi yang ketiga adalah burger. Burger merupakan jenis makanan cepat saji yang termasuk dalam daftar pantangan kolesterol. Apalagi jika isi burger semakin beraneka ragam. Dibanding burger, cobalah untuk mengonsumsi makanan lain yang lebih sehat. Misalnya, roti gandum dan salad.

Kentang goreng

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi yang keempat adalah kentang goreng. Sebenarnya, kentang tidak mengandung banyak kolesterol. Tapi, cara pengolahan kentang gorenglah yang membuat jenis makanan itu tak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Es krim

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi yang kelima adalah es krim. Mengutip dari The Street, jenis makanan manis itu memiliki lebih banyak kalori dibandingkan dengan burger atau donat.

Daging merah

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol tinggi yang keenam adalah daging merah. Bagi penderita kolesterol tinggi, sebaiknya waspadai konsumsi daging merah, seperti daging kambing, daging babi, atau daging sapi.

Cobalah mengganti daging merah dengan makanan lain yang lebih sehat. Misalnya, daging ayam, ikan salmon, protein nabati.

Itulah daftar rebusan daun untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi dan makanan yang tidak boleh dimakan penderita kolesterol. Mari menjalankan pola hidup sehat untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru