kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Puasa Ramadhan 2023 Dimulai, Ini Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh


Kamis, 23 Maret 2023 / 08:30 WIB
Puasa Ramadhan 2023 Dimulai, Ini Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh
ILUSTRASI. Puasa Ramadhan 2023 Dimulai, Ini Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1444 H / tahun 2023. Simak manfaat puasa untuk kesehatan badan.

Hari ini, Kamis 23 Maret 2023, umat Islam di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1444 H tahun 2023. Menurut ajaran agama Islam, puasa Ramadhan adalah ibadah dengan pahala melimpah. Secara ilmu medis, puasa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan badan.

Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1444 H jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Ketetapan ini disampaikan oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas sebagai hasil Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H, dalam keterangan resmi di website Kementerian Agama (Kemenag).

Sidang isbat yang digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, diikuti perwakilan ormas Islam, Duta Besar Negara Sahabat, dan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Sebelum ditetapkan, Menag terlebih dahulu mendengar laporan dari Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib. Dilaporkan bahwa secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1444 H sekitar pukul 00.23 WIB.

Baca Juga: Marhaban Ya Ramadhan, Hari Ini (23/3) Puasa Ramadhan, Ini Ucapan & Twibbon Ramadhan

Secara hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat awal Ramadan 1444 H, sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Pada hari ini yang bertepatan dengan 29 Syakban 1444 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 6 derajat 46,2 menit sampai dengan 8 derajat 43,2 menit, dengan sudut elongasi antara 7,93 derajat sampai dengan 9,54 derajat.

Hal ini kemudian diperkuat dengan laporan rukyat. Sejumlah perukyah melaporkan telah melihat hilal. Untuk mengamati hilal awal Ramadan, Tim Kemenag melakukan rukyatul hilal pada 124 titik pada 33 provinsi di seluruh Indonesia.

"Dari 124 titik ada 12 perukyah yang melaporkan telah melihat hilal. Dengan demikian tadi kita bersepakat secara mufakat 1 Ramadan 1444 H jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023," tegas Menag, Rabu (22/3/2023).

Manfaat puasa untuk kesehatan badan

Dilansir dari Kompas.com, puasa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan fisik serta mental, termasuk mengontrol level gula darah hingga meningkatkan kemampuan otak. Jika diimbangi dengan konsumsi nutrisi yang baik, manfaat yang didapatkan akan semakin banyak.

Menurut Healthline dan WebMD, berikut adalah beberapa manfaat puasa untuk kesehatan mental dan fisik: 

  • Mengontrol kadar gula darah

Manfaat puasa untuk kesehatan badan yang pertama adalah mengontrol kadar gula darah. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa puasa bisa membantu tubuh untuk mengontrol gula darah sehingga bisa menurunkan risiko diabetes.

Selama berpuasa, tubuh akan menurunkan resistensi insulin sehingga glukosa bisa mengalir melalui aliran darah ke sel-sel tubuh dengan lebih efektif. Kondisi ini kemudian akan membuat level gula darah di dalam tubuh lebih seimbang.

  • Mengurangi inflamasi

Manfaat puasa untuk kesehatan badan yang kedua adalah mengurangi inflamasi. Inflamasi kronis bisa berbahaya untuk tubuh, seperti memicu penyakit jantung, kanker, dan rheumatoid arthritis atau peradangan sendi. Seseorang yang berpuasa kemudian bisa mengurangi inflamasi dan membuat tubuh semakin sehat.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat puasa untuk kesehatan badan yang ketiga adalah meningkatkan kesehatan jantung. Penyakit jantung bisa sangat berbahaya karena merupakan salah satu pemicu kematian tertinggi di dunia.

Berpuasa sudah terbukti bisa mengurangi level kolesterol dan risiko penyakit jantung pada orang-orang yang mengalami obesitas. Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa berpuasa bisa mengurangi tekanan darah, trigliserida atau lemak di dalam darah, kolesterol total, dan kolesterol jahat atau LDL, sehingga kesehatan jantung akan semakin terjaga.

  • Meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit neurodegeneratif

Manfaat puasa untuk kesehatan badan yang keempat adalah meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit neurodegeneratif. Berpuasa secara rutin sudah terbukti bisa meningkatkan fungsi dan struktur otak pada beberapa penelitian yang melibatkan binatang.

Selain itu, berpuasa juga berfungsi untuk mengurangi inflamasi sehingga bisa menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson. Meskipun begitu, hal ini masih perlu dikaji lebih lanjut untuk mengetahui manfaatnya bagi manusia.

  • Mengurangi berat badan

Manfaat puasa untuk kesehatan badan yang kelima adalah mengurangi berat badan. Menghindari konsumsi makanan atau minuman tertentu bisa menurunkan konsumsi kalori dan membantu dalam menurunkan berat badan.

Puasa ternyata sudah terbukti bisa meningkatkan metabolisme sehingga bisa mengurangi berat badan hingga 9 persen dan lemak tubuh.

  • Meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan

Manfaat puasa untuk kesehatan badan yang keenam adalah meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan atau HGH adalah jenis hormon yang sangat penting untuk kesehatan secara umum karena memengaruhi metabolisme, penurunan berat badan, dan perkembangan otot. Berpuasa ternyata bisa meningkatkan level HGH di dalam tubuh sehingga kesehatan akan semakin terjaga.

  • Membuat awet muda

Manfaat puasa untuk kesehatan badan yang ketujuh adalah membuat awet muda. Beberapa penelitian yang melibatkan hewan sebagai objeknya menunjukkan bahwa puasa bisa meningkatkan usia harapan hidup hingga 28 persen dan menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit. Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut mengenai manfaat puasa terhadap usia dan proses penuaan pada manusia perlu ditambah.

  • Mengurangi risiko kanker dan meningkatkan efektivitas kemoterapi

Manfaat puasa untuk kesehatan badan yang kedelapan adalah mengurangi risiko kanker dan meningkatkan efektivitas kemoterapi. Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa puasa bisa memperlambat perkembangan tumor dan meningkatkan efektivitas kemoterapi yang dilakukan.

Meskipun banyak penelitian yang membuktikan manfaat ini pada hewan, penelitian terhadap manusia masih belum banyak.

  • Membantu proses penyembuhan setelah sakit

Manfaat puasa untuk kesehatan badan yang kesembilan adalah membantu proses penyembuhan setelah sakit. Puasa juga bisa membantu tubuh dalam proses penyembuhan terhadap suatu penyakit karena bisa menghilangkan sel-sel yang menyebabkan rasa sakit.

Puasa juga sudah terbukti bisa melancarkan distribusi nutrisi pada tubuh sehingga sel-sel tubuh yang sudah rusak, racun, dan kotoran bisa dihilangkan.

  • Meningkatkan kekuatan mental

Manfaat puasa untuk kesehatan badan yang ke-10 adalah meningkatkan kekuatan mental. Puasa bukan sesuatu yang mudah dilakukan karena memerlukan kekuatan mental dan kemampuan untuk menahan keinginan untuk mencapai tujuan. Ketika berpuasa, Anda akan merasakan kepuasan dan kebanggaan tersendiri karena bisa mencapai tujuan tersebut.

Berpuasa ternyata tidak hanya mengurangi konsumsi makanan dan minuman saja karena bisa mendukung kesehatan. Mengingat manfaat puasa untuk kesehatan mental dan fisik tersebut, Anda disarankan untuk rutin berpuasa untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar

Itulah manfaat puasa untuk kesehatan badan. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1444 H tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×