Tips Sehat

Protokol Kesehatan Covid-19 ini masih sering salah diterapkan, lo

Kamis, 23 Juli 2020 | 09:07 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Protokol Kesehatan Covid-19 ini masih sering salah diterapkan, lo

ILUSTRASI. Masih banyak kesalahan memakai masker saat menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. REUTERS/Lam Yik

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rantai penyebaran Virus Corona harus segera dihentikan. Tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, masyarakat juga berperan aktif untuk menghentikan transmisi Virus Corona. Caranya adalah dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

Protokol Kesehatan Covid-19 yang utama adalah menjaga jarak dengan orang lain, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta menggunakan masker. Nah, nyatanya masih ada banyak orang yang salah menggunakan masker, lo.

Masker harus dipakai agar tidak ada penyebaran Virus Corona. Mengutip dari akun Twitter resmi milik WHO (@WHO), penggunaan masker sebagai Protokol Kesehatan Covid-19 cukup efektif untuk mencegah transmisi Virus Corona hanya jika masker dipakai dengan cara yang benar.

Baca Juga: 3 ide bisnis saat pandemi yang tak boleh Anda lewatkan

Masker Longgar

Kesalahan pertama yang masih sering dilakukan oleh masyarakat adalah menggunakan masker yang longgar. Jika dipakai seperti itu, Virus Corona tetap bisa masuk. Pakailah masker dengan ukuran yang tepat dan bisa menutup hidung dan mulut secara sempurna.

Melepas Masker

Kesalahan lain yang masih sering terjadi adalah masker diturunkan atau dilepas saat berbicara. Saat sedang berada di kerumunan orang, masker tidak boleh dilepas sama sekali.

Jika Anda melakukannya, sama saja dengan tidak menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan benar. Tetap gunakan masker saat berbicara dengan orang lain meski Anda mengenal baik lawan bicara Anda.

Baca Juga: Ini tren warna rambut 2020, berani coba?

Menurunkan Masker Sampai ke Bawah Dagu

WHO juga mengingatkan bahwa masker tidak boleh dipakai dan diturunkan sampai ke bawah dagu. Saat berada di tempat umum, Anda tidak tahu apakah ada Virus Corona yang menempel pada area bawah dagu.

Jika Anda menurunkan masker sampai ke area itu dan menggunakan masker kembali, dikhawatirkan ada Virus Corona yang Anda hirup. Jika memang Anda harus melepas masker, lebih baik lepas masker tersebut dan masukkan ke wadah steril agar bisa dipakai lagi.

Selain 3 kesalahan memakai masker sebagai penerapan Protokol Kesehatan Covid-19, WHO mengingatkan agar masker tidak dipakai secara bergantian dengan orang lain. Selain itu, cucilah masker kain setiap hari.

Gantilah masker yang basah atau lembab dengan masker yang lain. Mencari bahan masker kain yang nyaman juga penting agar Anda bisa betah menggunakannya.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru