Pilihan diet yang aman bagi penderita diabetes untuk menurunkan berat badan

Jumat, 04 Juni 2021 | 05:54 WIB Sumber: Kompas.com
Pilihan diet yang aman bagi penderita diabetes untuk menurunkan berat badan

ILUSTRASI. Pilihan diet yang aman bagi penderita diabetes untuk menurunkan berat badan

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Diet merupakan salah satu terbaik untuk menurunkan berat badan. Namun bagi penderita diabetes yang ingin menurunkan berat badan, tidak boleh melakukan diet dengan cara sembarangan. Simak diet yang aman sebagai cara menurunkan berat badan penderita diabetes.

Bagi penderita diabetes, menurunkan berat badan hingga mencapai bobot ideal sangat penting. Berat badan yang ideal membantu mengelola kadar gula darah dan mengurangi kemungkinan komplikasi, seperti stroke atau serangan jantung.

Penderita diabetes yang ingin menurunkan berat badan harus melakukannya dengan cara aman. Termasuk diet untuk menurunkan berat badan penderita diabetes harus dipilih cara yang aman.

Dilansir dari Medical News Today, mencoba cara menurunkan berat badan terlalu cepat atau terlalu ketat juga dapat menyebabkan masalah dengan kadar gula darah. Obesitas merupakan faktor risiko diabetes tipe 2 dan tipe 1 .

Seorang penderita diabetes harus mempertimbangkan beberapa faktor saat memutuskan cara diet terbaik untuk menurunkan berat badan. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih cara diet terbaik untuk menurunkan berat badan adalah usia, kesehatan secara umum, dan berapa banyak berat badan yang harus mereka turunkan.

Baca juga: Tips bagi pemula yang ingin berhasil menurunkan berat badan dengan olahraga lari

Oleh karena itu, penderita diabetes perlu berbicara dengan praktisi kesehatan sebelum menjalankan diet untuk menurunkan berat badan.

Diet untuk menurunkan berat badan terbaik bagi penderita diabetes adalah diet jangka panjang. Berikut ini beberapa jenis diet yang harus dilakukan para penderita diabetes sebagai cara menurunkan berat badan yang aman.

1. Diet Mediterania

Salah satu diet yang aman sebagai cara menurunkan berat badan penderita diabetes adalah diet mediterania. Diet Mediterania merupakan diet yang mengadaptasi makanan dan cara memasak dari beberapa tempat di Mediterania.

Secara umum, diet untuk menurunkan berat badan penderita diabetes ini dilakukan dengan hanya mengonsumsi makanan-makanan berikut: banyak sayuran, biji-bijian, buah dalam jumlah sedang, kacang-kacangan dan biji-bijian, rempah rempah, minyak zaitun, ikan, dan telur.

Sebuah studi berjudul “Weight Management in Patients with Type 1 Diabetes and Obesity” mencatat bahwa diet Mediterania mungkin merupakan pendekatan yang berguna untuk menurunkan berat badan bagi penderita diabetes. Para peneliti melakukan studi selama 2 tahun yang melibatkan 36 orang dewasa dengan obesitas dan diabetes tipe 2.

Para partisipan makan diet rendah karbohidrat, diet Mediterania, atau diet rendah lemak selama 2 tahun. Diet mediterania adalah yang paling disukai untuk perubahan insulin dan menurunkan kadar glukosa.

Mereka yang mengikuti diet Mediterania mampu menurunkan berat badan dengan kehilangan rata-rata 1,5 kilogram (kg) lebih banyak daripada mereka yang menjalani diet rendah lemak.

Simak diet yang aman bagi penderita diabetes untuk menurunkan berat badan di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru