Tips bagi pemula yang ingin berhasil menurunkan berat badan dengan olahraga lari

Rabu, 02 Juni 2021 | 07:09 WIB Sumber: Kompas.com
Tips bagi pemula yang ingin berhasil menurunkan berat badan dengan olahraga lari

ILUSTRASI. Tips bagi pemula yang ingin berhasil menurunkan berat badan dengan olahraga lari

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Olahraga lari menjadi cara yang dilakukan banyak orang untuk menurunkan berat badan. Untuk pemula yang ingin berhasil menurunkan berat badan dengan olahraga lari, simak tips berikut ini.

Melakukan latihan kardio selalu bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Meski demikian, jika kita adalah seseorang yang lebih suka berlari untuk menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelumnya, terutama bagi para pemula.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut apa saja yang perlu diperhatikan, simak lima tips bagi pemula yang ingin menurunkan berat badan dengan berlari sebagai berikut ini.

1. Melakukan pemanasan dan peregangan

Tips pertama bagi pemula yang ingin menurunkan berat badan dengan olahraga lari adalah melakukan pemanasan dan peregangan. Jangan mulai berlari tanpa pemanasan dan peregangan yang tepat.

Sebab, melakukan pemanasan dan peregangan sebelum berlari dapat membantu otot mengembang dan meningkatkan refleks yang pada gilirannya mencegah cedera. Berbagai jenis latihan peregangan atau pemanasan dapat membantu kita melumasi sendi dan otot-otot.

Baca juga: 5 Langkah menurunkan berat badan dalam 1 minggu dengan aman

2. Pakai sepatu lari yang tepat

Jika kita adalah seorang pelari atau pemula yang ingin berlari untuk menurunkan berat badan, maka kita harus memiliki sepasang sepatu lari yang tepat. Menggunakan sepatu lari yang bagus tidak hanya akan mencegah segala bentuk cedera, tetapi juga membuat lari kita lebih lancar dan konsisten.

Sepasang sepatu yang bagus membantu mengatur dampak yang bergerak ke atas kaki saat kaki kita menyentuh tanah.

Simak tips lain untuk menurunkan berat badan di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru