Tips Sehat

5 Langkah menurunkan berat badan dalam 1 minggu dengan aman

Sabtu, 29 Mei 2021 | 09:00 WIB Sumber: Kompas.com
5 Langkah menurunkan berat badan dalam 1 minggu dengan aman

KONTAN.CO.ID - Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Berikut ini langkah menurunkan berat badan dalam jangka waktu satu minggu dengan aman.

Maklum, banyak orang menginginkan berat badan ideal secara sekejap. Tapi, tanpa mempelajari terlebih dahulu risiko yang mungkin bisa mereka hadapi. 

Memang, menurunkan berat badan dalam jangka waktu satu minggu bisa Anda lakukan. Namun, cara ini tidak disarankan oleh para ahli kesehatan. 

Dilansir dari Healthline dan Medical News Today, secara teknis, Anda bisa menurunkan berat badan hingga 4,5 kg dalam jangka waktu satu minggu. 

Tapi, hal ini sangat berisiko bila tidak diawasi oleh tenaga kesehatan. 

Baca Juga: 9 Manfaat teh gingseng untuk kesehatan: menurunkan berat badan sampai gula darah

Beberapa risiko yang mungkin Anda hadapi karena penurunan berat badan secara drastis meliputi peningkatan batu empedu, dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, sakit kepala, lelah, dan terganggunya siklus haid. 

Lalu, berapa penurunan berat badan yang disarankan? Menurut Centers for Disease Control and Prevention, jumlah penurunan berat badan yang aman adalah 0,5 kg hingga 1 kg per minggu. 

Tetapi, hasilnya akan berbeda pada tiap individu tergantung pola dan kondisi tubuh masing-masing.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan dalam waktu satu minggu secara aman:

1. Kurangi konsumsi karbohidrat 

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi gula dan pati, atau karbohidrat. Cara ini bisa Anda lakukan dengan pola makan rendah karbohidrat dan menggantinya dengan biji-bijian.

Baca Juga: Cara menurunkan berat badan secara cepat tanpa membahayakan kesehatan

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru