Perlu Waspada, 6 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Perut Buncit

Rabu, 05 Januari 2022 | 11:53 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Perlu Waspada, 6 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Perut Buncit

ILUSTRASI. Anda perlu memperhatikan faktor apa saja yang termasuk dalam daftar penyebab perut buncit.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masalah perut buncit dialami banyak orang. Apa penyebab perut buncit?

Lemak yang menumpuk terlalu banyak di sekitar perut bisa jadi salah satu penyebab perut buncit. Nah, ada beberapa faktor yang memicu penumpukan lebih banyak lemak. Anda perlu mewaspadainya karena kondisi itu bisa mengganggu kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Lemak perut yang berlebih dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit. Mulai dari diabetes, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Maka dari itu, usahakan untuk mengontrol jumlah lemak yang Anda miliki.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan lemak di perut. Salah satunya adalah dengan menghindari beberapa faktor pemicu penumpukan lemak di bagian perut. Faktor yang dimaksud berupa stres, kurang tidur, mengonsumsi makanan serta minuman manis, dan lain sebagainya.

Jarang Olahraga

Jarang olahraga jadi salah satu faktor pemicu menumpuknya lemak di sekitar perut. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan supaya lemak di perut berkurang. mulai dari sit up, berenang, bersepeda, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 6 Penyebab Hipertensi Ini Wajib Anda Ketahui, Apa Saja?

Stres

Saat stres, keinginan Anda untuk makan berlebih meningkat. Mengutip dari Healthline (healthline.com), alih-alih tersimpan dalam bentuk lemak di seluruh bagian tubuh, hormon stres justru menyimpan makanan yang Anda konsumsi dalam bentuk lemak di perut.

Menopause

Menopause termasuk salah satu penyebab perut buncit.

Menopause juga bisa menyebabkan lemak bertumpuk di bagian perut Anda, lo. Tubuh tidak lagi menyimpan di sekitar paha dan pinggul, tapi menyimpan lemak di bagian perut saat sudah memasuki menopause.

Kurang Tidur

Selain stres, penyebab perut buncit juga bisa dikarenakan waktu tidur yang kurang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur kurang dari lima jam per hari meningkatkan risiko kelebihan berat badan hingga 32%. Penelitian itu melibatkan 68.000 wanita dan dilakukan selama 16 tahun.

Tidak hanya kurang tidur, gangguan tidur yang lain juga berpengaruh pada jumlah lemak di sekitar perut, contohnya sleep apnea. Sleep apnea adalah kondisi di mana Anda berhenti bernapas saat tidur karena jaringan di kerongkongan menutup saluran pernapasan Anda.

Baca Juga: Waspadai terserang 5 penyakit Ini jika Anda malas bergerak

Makanan Rendah Serat

Penyebab perut buncit lainnya adalah Anda tidak banyak mengonsumsi makanan berserat. Padahal, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat mampu mengurangi jumlah lemak di perut, mengatur hormon lapar, membuat Anda kenyang lebih lama, dan mengurangi asupan kalori.

Genetik

Sehubungan dengan poin sebelumnya, lemak yang menumpuk di perut juga bisa dipengaruhi oleh genetik. Tak Melansir Healthline, gen juga berpengaruh pada ukuran panggul Anda. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan hal itu.

Selanjutnya: IHSG Berbalik Turun 0,50% ke 6.662 di Akhir Sesi I, Rabu (5/1), Asing Catat Net Buy

Editor: Belladina Biananda
Terbaru