kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Penyebab Hipertensi Ini Wajib Anda Ketahui, Apa Saja?


Senin, 27 Desember 2021 / 16:03 WIB
6 Penyebab Hipertensi Ini Wajib Anda Ketahui, Apa Saja?
ILUSTRASI. Anda perlu berhati-hati terhadap penyebab hipertensi.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi adalah salah satu kondisi yang sebaiknya Anda waspadai. Untuk menghindari hal-hal yang tak Anda inginkan, usahakan untuk memperhatikan apa saja penyebab hipertensi.

Sebab, hipertensi bisa memicu masalah kesehatan lain yang lebih serius. Melansir UCSF Health, stres bisa jadi salah satu faktor yang meningkatkan tekanan darah.

Meski bersifat sementara, peningkatan tekanan darah karena stres terjadi secara signifikan. Hal itulah yang membahayakan kesehatan Anda.

Tidak hanya stres, masih banyak faktor lain yang dapat memicu tekanan darah tinggi. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala hipertensi. Biasanya, dokter akan memberikan perawatan yang disesuaikan dengan penyebab-penyebab ini.

Kelebihan berat badan

Penyebab hipertensi berikutnya adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Kondisi itu dapat menghambat aliran darah dalam tubuh sehingga tekanan darah pun meningkat.

Bukan cuma itu, distribusi oksigen ke seluruh tubuh pun mengalami gangguan saat berat badan Anda berlebihan.

Baca Juga: 6 Makanan Ini Cocok Dijadikan Cara Mengatasi Perut Buncit

Asupan kalium terlalu sedikit

Penyakit tekanan darah tinggi bisa terjadi saat Anda kurang mengonsumsi makanan yang mengandung kalium. Padahal, jenis mineral itu mampu membuat pembuluh darah rileks.

Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga tekanan darah pun lebih stabil.

Tubuh kekurangan vitamin D

UCSF Health menyebutkan, tubuh yang kekurangan vitamin D lebih rentan mengalami penyakit tekanan darah tinggi. Apabila diperlukan, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D. Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

Mengonsumsi alkohol terlalu banyak

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa jadi penyebab hipertensi.

Faktor lain yang perlu Anda waspadai supaya tekanan darah tetap stabil adalah konsumsi alkohol. Konsumsi alkohol yang terlalu banyak dapat membuat pembuluh darah menegang. Akibatnya, tekanan darah pun meningkat.

Untuk laki-laki, usahakan untuk tidak minum lebih dari dua gelas minuman beralkohol per hari. Sedangkan untuk wanita, sebaiknya tidak minum lebih dari satu gelas per hari.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk membatasi konsumsi alkohol, tak ada salahnya untuk meminta bantuan dokter.

Baca Juga: Cara mencegah asam urat kambuh, mulai dari menu sarapan berikut ini

Aktivitas fisik rendah

Penyebab hipertensi lainnya yang tak boleh Anda abaikan adalah rendahnya aktivitas fisik yang Anda jalani sehari-hari. Cobalah untuk rutin olahraga supaya aliran darah dalam tubuh lebih lancar. Dengan begitu, tekanan darah tinggi bisa lebih terkontrol.

Banyak makan garam

Mengonsumsi garam dalam jumlah yang terlalu banyak bisa meningkatkan tekanan darah. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan konsumsi makanan sehari-hari.

Usahakan untuk mengurangi pemakaian garam dapur dan mengonsumsi makanan lain yang mengandung banyak garam, contohnya, fast food.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×