Perlu tahu! Ini beda gejala Covid-19 dari strain awal, varian alpha, beta, dan delta

Kamis, 22 Juli 2021 | 08:55 WIB Sumber: Kompas.com
Perlu tahu! Ini beda gejala Covid-19 dari strain awal, varian alpha, beta, dan delta

ILUSTRASI. Ada sejumlah perbedaan gejala-gejala infeksi Covid-19 yang perlu diwaspadai dari beberapa varian. REUTERS/Pavel Mikheyev

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini, kasus penyebaran Covid-19 di Indonesia tak kunjung melandai. Hal tersebut diyakini akibat munculnya varian-varian baru dari mutasi virus SARS-CoV-2. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan beberapa varian Covid-19 sebagai Variant of Concern (VOCs), yaitu varian Alpha (UK), varian Beta (Afrika Selatan), varian Gamma (Brazil) dan varian Delta (India). 

Sedangkan, yang termasuk dalam klasifikasi kedua yaitu Varian of Interest (VOIs) adalah Varian Epsilon, varian Iota (Amerika Serikat), varian Zeta (Brazil), varian Theta (Philipina), dan varian Kappa (India). 

Sejauh ini diyakini, bahwa varian baru Covid-19 telah menambah beban pasien dari segi keparahan gejala, dibandingkan dengan virus aslinya. Serta, beberapa di antaranya memiliki kemampuan penularan yang lebih progresif dan cepat hingga 20 persen dibandingkan dengan virus aslinya. 

Munculnya varian-varian baru akibat mutasi virus SARS-CoV-2 merupakan hal yang wajar.  Varian-varian baru Covid-19 akan terus muncul, terlebih jika penularan dan mobilitas masyarakat masih tidak dapat terkendali. 

Baca Juga: WHO prediksi kasus Covid-19 global akan tembus 200 juta dalam 3 pekan ke depan

Oleh karena itu, hal yang terpenting dilakukan masyarakat adalah patuh protokol kesehatan, dan segera melakukan isolasi mandiri atau memeriksakan diri ke rumah sakit jika muncul beberapa gejala yang dicurigai akibat infeksi Covid-19. 

Berikut perbedaan gejala-gejala infeksi Covid-19 yang perlu diwaspadai dari beberapa varian, yakni; 

1. Varian awal SARS-CoV-19 

Pada awal kemunculan penyakit Covid-19 di Wuhan, China, gejala awal yang diwaspadai sebagai pertanda infeksi Covid-19 adalah demam tinggi di atas 37,5 derajat Celcius. 

Namun, seiring waktu, varian awal SARS-CoV-2 ternyata menimbulkan beberapa gejala baru lainnya, berikut di antaranya: 

- Demam 

- Batuk 

- Kehilangan penciuman atau rasa 

Baca Juga: Jumlah anak positif Covid-19 melonjak, ini yang harus dilakukan orang tua

- Sakit tenggorokan  

- Nyeri otot 

- Diare 

- Mual  

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru