Perlu tahu! 4 Cara membersihkan wajah agar kulit mati hilang

Senin, 21 Desember 2020 | 15:21 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Perlu tahu! 4 Cara membersihkan wajah agar kulit mati hilang

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara membersihkan wajah perlu dilakukan sel kulit mati dan jenis kotoran lain bisa hilang. Hasilnya, Anda bisa terbebas dari berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan bekasnya, komedo, noda hitam, dan lain-lain. Kulit wajah Anda pun akan terlihat lebih cerah dan terawat.

Mencuci Wajah

Mencuci wajah adalah langkah perawatan kulit yang perlu Anda lakukan secara rutin. Usahakan untuk minimal mencuci wajah sebanyak satu kali dalam satu hari. Jika tidak dibersihkan secara rutin, sel kulit mati akan menumpuk dan ada banyak masalah kulit yang Anda alami.

Selain memakai sabun pencuci wajah, Anda juga bisa menggunakan milk cleanser. Tujuannya agar kotoran yang menyumbat pori-pori kulit wajah semakin mudah dibersihkan. Namun, jangan menggunakan air hangat atau panas karena bisa membuat kulit semakin kering.

Gosok dengan Scrub

Cara membersihkan wajah selanjutnya adalah menggosok kulit menggunakan scrub. Mengutip dari NDTV Food (food.ndtv.com), scrub lebih efektif mengangkat sel kulit mati sehingga wajah tak lagi terlihat kusam. Selain menggunakan scrub yang dijual di pasaran, Anda bisa memakai scrub dari bahan alami, lo.

Baca Juga: Tidak boleh Anda lewatkan, ini manfaat baby oil untuk wajah

Caranya, campurkan gula dan madu dengan porsi yang sama. Setelah teraduk hingga rata, gosokkan campuran itu pada wajah selama lima menit. Setelah didiamkan selama tiga menit, bilas dengan air hingga bersih.

Gunakan Masker

Pisang bisa dimanfaatkan sebagai cara membersihkan wajah.

Untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit, ada baiknya bagi Anda untuk rutin memakai masker wajah. Sama seperti scrub, masker wajah juga bisa berasal dari bahan-bahan alami, seperti tomat, pisang, dan pepaya.

Bahan-bahan tersebut berguna untuk membersihkan dan mengencangkan kulit sehingga wajah terlihat lebih sehat dan awet muda. Jika Anda kesulitan untuk menentukan bahan alami apa yang cocok digunakan, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter kecantikan.

Baca Juga: 4 Masker jerawat terbaik yang bisa Anda buat dari bahan alami

Jaga Kelembaban Kulit

Cara membersihkan wajah lainnya yang direkomendasikan NDTV Food adalah dengan memerhatikan kelembaban kulit. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan supaya kelembaban kulit terjaga, salah satunya adalah dengan memakai krim pelembab. Gunakan krim pelembab pada wajah dan leher sebelum tidur.

Selanjutnya: Cara mengencangkan kulit wajah terbaik dengan bahan-bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru