kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perlu Anda Ketahui, Ini Gejala dan Penyebab Usus Buntu


Kamis, 30 Desember 2021 / 14:30 WIB
Perlu Anda Ketahui, Ini Gejala dan Penyebab Usus Buntu


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usus buntu adalah salah satu organ dalam tubuh yang bisa buntu sehingga memicu kemunculan masalah kesehatan yang lain. Supaya kondisi kesehatan tak memburuk, Anda perlu mewaspadai beberapa faktor yang termasuk penyebab usus buntu.

Penyakit usus buntu merupakan kondisi di mana organ dalam tubuh itu mengalami peradangan. Jika terus dibiarkan, peradangan akan semakin parah, bahkan usus buntu bisa pecah. Saat hal itu terjadi, infeksi akan menyebar ke bagian tubuh yang lain sehingga menyebabkan masalah kesehatan yang lebih banyak.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba supaya penyakit usus buntu bisa teratasi dengan baik. Misalnya, radang usus buntu yang disebabkan oleh infeksi bakteri diberi antibiotik. Supaya Anda tidak terlambat mendapat perawatan yang sesuai, Anda perlu memerhatikan gejala-gejala yang Anda rasakan.

Penyebab Usus Buntu

Mengetahui penyebab usus buntu merupakan hal penting yang perlu Anda ketahui. Rx Harun (rxharun.com) menyebutkan bahwa ada banyak faktor yang bisa membuat usus buntu tersumbat. Saat hal itu terjadi, usus buntu akan terinfeksi dan menimbulkan kondisi yang lebih parah, seperti munculnya nanah.

Baca Juga: Daftar ciri-ciri hamil 2 minggu, ada yang Anda alami?

Iritasi pada saluran pencernaan, infeksi parasit, kecelakaan, dan tumor adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan usus buntu Anda meradang. Jika hal itu terjadi dan terus dibiarkan, ada beberapa komplikasi yang bisa Anda alami.

Usus buntu Anda bisa pecah sehingga infeksi menyebar ke bagian tubuh yang lain. Kondisi itu dapat mengancam nyawa Anda sehingga perawatan yang sesuai perlu segera dilakukan untuk membersihkan perut Anda dari penyebaran infeksi.

Perlu diketahui bahwa sampai sekarang, faktor pasti yang memicu usus buntu belum bisa ditentukan. Makanya, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter untuk menghindari masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Baca Juga: Hati-hati dengan 5 Penyebab Nyeri Perut Kanan Bawah

Gejala Usus Buntu

Setiap orang bisa mengalami gejala usus buntu yang berbeda-beda. Mengutip Rx Harun, radang usus buntu yang semakin parah terasa di perut bagian kanan bawah. Selain itu, ada pula gejala lain yang Anda rasakan.

Mulai dari sakit perut yang semakin parah saat Anda batuk atau bersin, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, perut kembung, diare, frekuensi buang air kecil meningkat, dan lain sebagainya. Tentu saja Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter supaya bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×