Perlu Anda hindari, ini 5 makanan penyebab sakit ginjal

Senin, 27 September 2021 | 12:23 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Perlu Anda hindari, ini 5 makanan penyebab sakit ginjal

ILUSTRASI. Alpukat termasuk dalam daftar makanan penyebab sakit ginjal.


KONTAN.CO.ID - Setiap organ dalam tubuh Anda memegang peranan penting, tak terkecuali ginjal. Supaya fungsi ginjal bisa tetap terjaga, cobalah untuk membatasi atau bahkan menghindari makanan penyebab sakit ginjal.

Ada banyak tugas penting yang dikerjakan ginjal. Beberapa di antaranya adalah menyaring darah dan mengeluarkan zat beracun bersama dengan urin, menjaga cairan dalam tubuh, dan menyeimbangkan mineral.

Selain menghindari beberapa makanan di bawah ini, usahakan untuk menerapkan pola hidup sehat yang lain, ya. Misalnya, minum banyak air putih dan rajin olahraga. Jangan lupa pula untuk melakukan cek kesehatan ke dokter secara berkala.

Alpukat

Sebenarnya, alpukat tergolong salah satu bahan alami yang bergizi. Sayangnya, Anda perlu menghindari alpukat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Melansir Healthline, satu buah alpukat berukuran sedang mengandung 690 mg kalium. Nah, nutrisi itulah yang buruk untuk kesehatan ginjal.

Baca Juga: 5 Obat kencing batu ini berasal dari bahan-bahan alami

Pisang

Jenis buah lain yang mengandung banyak kalium adalah pisang. Anda bisa mendapatkan 422 mg kalium dalam satu buah pisang berukuran sedang. Alih-alih mengonsumsi pisang, pilihlah jenis buah lain dengan kandungan kalium yang lebih sedikit.

Jeruk

Apakah Anda penggemar buah jeruk? Ternyata, jenis buah itu termasuk salah satu makanan penyebab sakit ginjal, lo. Dalam 184 mg jeruk, terdapat 333 mg kalium yang berpengaruh buruk pada kesehatan ginjal.

Tomat

Makanan penyebab sakit ginjal berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah tomat. Tak hanya buahnya, Anda juga perlu mewaspadai jenis makanan olahan tomat yang lain, misalnya saus tomat.

Mengutip dari Healthline, satu gelas saus tomat mengandung 900 g kalium.

Baca Juga: Jangan terlalu banyak minum air putih, ini 8 bahayanya

Produk olahan susu

Produk olahan susu jadi jenis makanan lain yang sebaiknya tak Anda konsumsi terlalu banyak untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain mengandung banyak kalium, produk olahan susu juga memiliki kandungan fosfor yang tinggi.

Kentang

Kentang adalah salah satu makanan penyebab sakit ginjal.

Supaya kesehatan ginjal terjaga, cobalah untuk membatasi konsumsi kentang. Alasannya karena satu kentang berukuran sedang yang dipanggang mengandung sekitar 610 mg kalium.

Untuk mengurangi jumlah kalium, tak ada salahnya untuk merendam kentang selama empat jam terlebih dahulu.

Selanjutnya: 4 Penyebab nyeri punggung bawah beserta faktor risikonya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru