Tips Sehat

Perhatikan enam hal ini untuk menjaga kesehatan pencernaan

Senin, 22 Juni 2020 | 12:57 WIB Sumber: Kompas.com
Perhatikan enam hal ini untuk menjaga kesehatan pencernaan

ILUSTRASI. Sebelum masalah pencernaan datang, kita wajib menjaga kesehatannya.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sistem pencernaan manusia bekerja hampir 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu. Tapi, banyak orang tidak terlalu memperhatikan kesehatan bagian tubuh satu ini. Ketika masalah seperti kembung, mual, diare, konstipasi, bahkan hingga kanker usus muncul, orang baru sadar betapa pentingnya sistem pencernaan.

Oleh karena itu, sebelum masalah pencernaan datang, kita wajib menjaga kesehatannya. Caranya mudah. Kita cukup berkomitmen untuk mengatur pola makan sekaligus mengubah gaya hidup agar bisa berdampak positif bagi sistem pencernaan.

Bonusnya, tubuh akan jadi lebih sehat dan bugar. Siapa yang tak mau? Cara menjaga kesehatan pencernaan

1. Pilah dan pilih apa yang dimakan

Sebisa mungkin, pilihlah makanan yang benar-benar “asli” tanpa banyak tambahan pengawet, perasa, pemanis, atau tambahan sodium yang membuatnya gurih dan menggiurkan. Ini penting karena segala jenis tambahan pada makanan ini bisa menyebabkan peradangan pencernaan.

Makanan dengan tambahan pemanis yang mengandung gula tambahan justru dapat menambah jumlah bakteri berbahaya di pencernaan. Ketika rasio bakteri baik dan bakteri jahat tidak seimbang, maka dapat menyebabkan gangguan usus besar hingga Crohn’s disease.

Baca Juga: Begini cara konsumsi madu agar efektif menurunkan berat badan

2. Perkaya asupan serat

Serat sudah lama dikenal bermanfaat untuk pencernaan manusia. Baik itu serat yang larut dalam air maupun tidak, sama-sama membantu memudahkan kinerja sistem pencernaan. Orang yang terbiasa mengonsumsi makanan tinggi serat akan mengurangi risiko mengalami GERD, gangguan usus besar, atau luka di lambung.

Sehari-hari, menu kaya serat bisa diperoleh dari oat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan olahan whole grain lainnya yang kaya nutrisi. Imbangi pula dengan banyak mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya prebiotik.

Baca Juga: Inilah buah-buahan penurun kolesterol dalam darah

3. Tetap terhidrasi

Meskipun terlalu banyak minum air putih bisa berbahaya bagi tubuh pada kondisi tertentu, tetap penting untuk memastikan tubuh tidak mengalami dehidrasi. Untuk mencegah konstipasi dan masalah pencernaan lainnya, idealnya minum 1,5-2 liter cairan setiap harinya.

Ini bergantung pada jenis aktivitas dan kebutuhan tubuh masing-masing. Selain air putih, sayuran dan buah yang kaya air seperti timun, zucchini, tomat, melon, stroberi, atau peach juga bisa jadi alternatif makanan sehat dan baik untuk pencernaan.

Baca Juga: Minum teh membuat Anda sering buang air kecil, benarkah?

Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru